10 Fakta Mencengangkan Tentang Lipstik

Sejak dahulu, lipstik merupakan alat make up yang paling identik untuk wanita. Bahkan bagi beberapa orang, lipstik akan selalu digunakan meksipun sedang tidak pakai bedak dan make up lainnya. Meski sudah berteman lama dengan lipstik, apakah kamu tahu ada 10 fakta yang mengejutkan berikut ini? Yuk simak ulasannya.

1. Lipstik yang tersimpan dalam keadaan masih tertutup/tersegel dapat bertahan hingga 2 tahun lamanya. Tapi, jika kamu sudah membukanya, lipstik hanya bisa bertahan 5-6 bulan saja, baik itu digunakan maupun tidak.

2. Lipstik yang berbentuk padat akan lebih banyak mengandung bakteri dibandingkan lipstik yang berbentuk cream yang diaplikasikan menggunakan kuas bersih.

3. Selama hidup dan banyak menggunakan lipstik dalam kegiatan apapun, wanita bisa tanpa sengaja menelan lipstik sebanyak 4,5 kg. Sedangkan, pria yang menjadi pasangannya dapat menelan hingga 1,5 kg.

4. Pernah mendengar lipstik organik? Terlihat seperti alami tapi sebenarnya bahan alaminya yang dipakai hanyalah 95 persen saja.

5. Selain kulit wajah, bibir juga perlu perlindungan dari efek sinar UV. Makanya penting untuk menggunakan lipstik yang memiliki SPF 15+. Hal ini bisa berlaku pada lipstik matte atau satin, tapi tidak untuk lipgloss.

6. Lipstik memiliki kandungan moisturizer 3-5 kali minyak alami dan wax yang lebih banyak. Untuk hasil yang terbaik, kamu bisa memilih lipstik dengan kandungan beeswax atau wax mawar.

7. Bibir mudah kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh lipstik yang mengandung parafin atau petroleum jelly.

8. Bukan hanya kandungannya saja, terlalu sering dan berlebihan memakai lipstik akan menyebabkan cheilitis atau kerusakan bibir.

9. Kebanyakan orang percaya kalau memakai lipstik dapat menghilangkan warna alami bibir. Hal ini tidak benar karena yang menjadi penyebab warna bibir menghilangkan itu adalah usia, aliran darah, atau memang dasar bibir yang berwarna pucat.

10. Kandungan mentol pada lipstik tidak akan menambah volume bibir tetapi hanya membuat bibit tampak penuh karena efek dari kilauan mentol tersebut.