4 Cara Menangani Gaya Belanja Yang Impulsif

Apakah kamu pernah berbelanja tanpa memikirkan kepentingannya terlebih dahulu? Itu bisa disebut salah satu gejala impulsive. Impulsive sendiri adalah merupakan perilaku kondisi saat seseorang mendapatkan dorongan untuk melakukan sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu. Nah, ketika kita berbelanja apakah pernah seperti itu? Hal itu tentunya tidak baik bagi kebiasaan kita lho. Berikut adalah beberapa cara menangani gaya belanja yang impulsive. Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut ini.

1. Ketahui factor

Ketika kita berbelanja secara impulsive, tentunya kita juga memiliki factor yang membuat kita dapat berbelanja seperti itu. Entah saat itu kita lagi punya dana lebih yang bisa dengan mudah untuk kita dibelikan barang tanpa memikirkan konsekuensi dan manfaatnya untuk kita. Atau saat itu kita sedang dalam mood yang tidak baik, dan membuat kita berbelanja tanpa memikirkan manfaatnya. Atau, kita berteman dengan seseorang yang juga memiliki kebiasaan berbelanja secara impulsive, tentunya hal itu tidak baik bagi kita juga. Jadi, apabila kamu sudah mengetahui factor apa yang bisa menyebabkan kamu berbelanja secara impulsive, sebaiknya kamu mencoba menghindari factor dan memperbaiki lingkungan pertemanan kamu.

2. Latih diri agar tahan godaan

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak lagi berbelanja secara impulsive adalah latih diri kamu agar tahan godaan. Karena seringkali ketika kita berada di mall, terlihat oleh mata diskon yang tidak sedikit, hal ini apabila kita tidak menahan diri kita tentunya dapat terjadi lagi belanja secara impulsive. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya kamu tahan godaan agar tidak dengan mudah mengeluarkan uang tanpa memikirkan kegunaan barang yang kamu beli

3. Bawa uang secukupnya

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba agar kamu tidak berbelanja secara impulsive adalah kamu harus membawa uang secukupnya. Kamu tidak perlu membawa uang banyak-banyak ketika pergi jalan dengan teman kamu misalnya. Agar nantinya kamu tidak menghabiskan uang atau mengeluarkan uang untuk barang yang seebenarnya tidak kamu butuhkan.

4. Beli yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar tidak berbelaja secara impulsive adalah kamu harus membeli apa yang kamu butuhkan bukan apa yang kamu inginkan. Karena tidak selamanya barang yang kamu inginkan itu merupakan yang kamu inginkan. Jadi, kamu harus benar-benar memilah apa yang kamu inginkan dan kamu butuhkan, agar tidak merusak daftar belanja kamu.