4 Ciri-ciri Kepribadian Negatif Yang Harus Dihindari

Zaman yang semakin maju memang membuat kita seringkali tidak menyadari adanya perubahan pada karakter diri kita. Jika yang berubah itu mengarah ke hal yang baik atau positif justru tidak menjadi masalah, namun kebanyakan perubahan ini menjadikan pribadi yang negatif. Bahkan, beberapa diantaranya mengabaikan perubahan tersebut dan seakan-akan sudah lumrah terjadi. Akibatnya sifat negatif pun tumbuh begitu saja dan kamu akan kehilangan orang-orang terdekat.

Sebaliknya, umumnya beberapa orang yang sudah terlalu dekat akan susah untuk menghindar atau menjauh meski diantaranya memiliki sifat yang negatif. Mereka yang menyadarinya mungkin akan bertahan dan berusaha mengingatkan, namun bagaimana jika orang tersebut justru ikut menjadi pribadi yang tidak baik? Nah, agar tidak terpengaruh oleh kelompok tersebut inilah ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian negatif.

1. Sering menyalahkan orang lain atas masalahmu

Sebagai manusia memang wajar melakukan kesalahan apalagi dalam bersosialisasi dengan orang lain. Umumnya, kesalahan yang disebabkan oleh diri sendiri memang harus diakuinya. Namun bagi beberapa orang, mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah sehingga mempermasalahkannya bahkan hingga menyalahkan orang lain yang berbuat kesalahan.

Contoh yang paling umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari adalah kamu yang selalu dikelilingi oleh orang-orang yang menyulitkan. Kepribadian negatif membuat seseorang mengatakan bahwa hidup mereka menyedihkan dan selalu menjadikan dirinya sendiri sebagai korban. Berbeda dengan pribadi yang positif, ia akan menyelesaikan masalah tersebut dan meningkatkan kehidupannya agar lebih baik.

2. Sering membicarakan orang lain

Membicarakan orang lain di belakang atau gosip memang sudah menjadi bagian yang sulit dilepaskan dari kehidupan ini. Bahkan untuk menarik agar didengarkan, sebuah cerita sering ditambahkan dengan bumbu-bumbu yang menegangkan dan seakan-akan dilebih-lebihkan. Namun, berada dalam lingkungan yang seperti ini membuat dirimu menjadi pribadi yang negatif dan tidak sehat.

Daripada kehilangan waktu untuk membicarakan orang lain dibelakang, sebaiknya berbicaralah secara terang-terangan. Jika kamu merasa menyebalkan bagi mereka dan mulai dibicarakan, alangkah baiknya untuk meminta maaf dan berperilaku positif.

3. Mulai kehilangan teman

Pernahkah kamu merasa sendiri tanpa teman padahal dahulunya kamu merupakan pribadi yang menyenangkan sehingga banyak yang mendekati dan berteman denganmu? Jika benar, hal tersebut bisa mencirikan bahwa dirimu sekarang sudah berubah menjadi menyebalkan dan banyak dari lingkungan pertemananmu tersebut yang tidak menyukainya.

Nah, jika hal ini terjadi ada baiknya kamu harus mulai untuk mengkoreksi diri. Adakah yg berubah dari dirimu secara signifikan sehingga membuat orang lain bahkan teman tak nyaman untuk berada di sekitarmu? Jika iya, coba untuk segera menghubungi mereka dan meminta maaf.

4. Selalu ingin merasa benar dalam berbagai keadaan

Ketika bersosialisasi atau sedang berbicara dengan orang lain, kamu ingin selalu menjadi pihak yang benar. Jika hal ini tak terjadi, kamu akan merasa kesal bahkan bisa membenci orang tersebut. Padahal, hal tersebut merupakan kesalahmu yang seharusnya diakui.

Jika kamu sedang mengalami hal yang seperti ini, cobalah untuk memahami diri dengan bertanya kenapa tidak suka menjadi pihak yang salah dan tidak mau disalahkan? Bukankah manusia itu wajar jika melakukan kesalahan?

Selalu mencari kesalahan orang lain memang tidak akan selalu buruk. Namun, jika hal ini diterusk-teruskan mungkin kamu akan menjadi pribadi yang ingin selalu menang sendiri. Jadi, jika memang kamu pernah terjebak dalam hal yang buruk, tingkatkan kualitas dirimu dan berusahalah untuk menjadi yang lebih baik.