4 Dokumen Yang Harus Kamu Siapkan Ketika Melamar Kerja

Apakah kamu akan mengajukan lamaran pekerjaan dalam waktu dekat ini? Apa kamu masih bingung apa saja yang harus kamu persiapkan? Berikut adalah beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan ketika akan melamar pekerjaan. Yuk, simak di artikel berikut ini.

1. CV

Dokumen pertama yang harus kamu persiapkan apabila akan melamaar pekerjaan adalah curriculum vitae. Atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup. Kamu harus mempersiapkan biodata kamu untuk kamu cantumkan di curriculum vitae tersebut. Mulai dari identitas diri, hingga daftar riwayat pendidikan. Ada beberapa perusahaan yang khusus curriculum vitae bentuk tulisan tangan, ada juga yang diperbolehkan daalam bentuk ketik. Tergantung oleh ketentuan perusahan yang kamu tuju, kamu juga harus memathui aturan yang berlaku.

2. Ijasah

Dokumen kedua yang tak boleh ketinggalan adalah ijasah. Kamu harus mempersiapkan ijasah kamu mulai dari kamu masih bersekolah, hingga kamu sudah lulus. Sebaiknya siapkan dokumen ijasah ini jauh-jauh hari, agar nantinya kamu tidak kesusahan apabila waktunya melamar pekerjan baru mencari-cari dokumen kamu.

3. Pas foto

Dokumen ketiga yang perlu kamu persiapkan untuk melamar pekerjaan adalah pas foto. Biasnaya suatu perusahaan membuat peraturan apabila ingin melamar pekerajan harus menyeahkan pas foto 3×4 berwarna atau hitam putih. Pas fotonya harus formal ya, jadi kamu harus menyediakan pas foto ukuran 3×4 kamu cetak sebanyak beberapa lembar, agar nantinya saat hari pendaftaran pekerjaan kamu lebih mudah karena sudah mempersiapkan pas fotonya.

4. Dokumen pelengkap

Dokumen yang bisa kamu bawa sebagai pelengkap adalah tentang prestasi kamu misalnya selama masa sekolah dan kuliah, kamu bisa membawanya untuk berjaga-jaga agar dapat menjadi bahan pertimbangaan kamu diterima kerja nantinya. Pastikan dokumen yang kamu bawa itu asli ya.