4 Fakta Mengenai Sunscreen Yang Perlu Kamu Tau

Melakukan aktivitas di luar ruangan memang menyenangkan. Namun, hal ini harus membuat kamu terus berhati-hati karena terpapar oleh sinar matahari langsung. Pasalnya sinar matahari ini mengandung UV yang dapat membahayakan kulit kita, bahkan hingga bisa berisiko penyakit kanker. Nah itulah yang menyebabkan mengapa penggunaan tabir surya itu penting karena terdapat kandungan SPF didalamnya untuk melindungi kulit dari bahayanya sinar UV.

Banyak sekali macam SPF yang bisa dipilih dalam produk sunscreen, ada yang 15, 20, 25, 30, 50, 100, dll. Tetapi, banyak yang berpendapat kalau SPF 25 dan 30 itu sudah tak mampu lagi untuk melindungi kulit secara cukup. Akibatnya banyak yang mulai berpindah ke SPF yang lebih tinggi, yakni SPF 50 – 100. Hal ini pun didasari pada kalimat “semakin tinggi kadar SPF maka akan memiliki perlindungan lebih pada kulit.”

Akan tetapi, faktanya ternyata tidak demikian. Justru sunscreen yang memiliki SPF tinggi akan lebih berisiko pada luka bakar dan kanker. Hal ini sesuai yang dikatakan oleh para ahli.

Agar tak lagi mempercayai hal yang belum pasti, yuk simak beberapa fakta berikut ini.

1. Perbedaan kadar SPF yang terkandung dalam sunscreen itu tidak banyak. Menurut data dari American Cancer Society (ACS) kandungan SPF 30 menyaring sebanyak 97 persen UVB, sementara SPF 50 & 100 menyaring sebanyak 98 persen saja. Tidak ada kandungan SPF yang benar-benar bisa melindungi seluruh kulit dengan optimal hingga menyaring 100 persen UVB.

2. Menurut Dr Stephen Q Wang yang merupakan dokter kulit mengatakan bahwa produk sunscreen dengan kandungan SPF tinggi hanya akan memberikan kenyaman semua bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan produk tersebut justru akan memberikan paparan sinar UV yang lebih banyak dan makin berisiko pada kulit terbakar.

3. Untuk melindungi kulit secara cukup sesuai kebutuhan, produk dengan SPF 30 menjadi solusinya. Yang paling terpenting adalah selalu mengaplikasikan ulang penggunaannya setiap 2-3 jam sekali sehingga tidak khawatir terhadap paparan UV berlebihan.

4. Pastikan untuk mengingat bahwa sunscreen hanya mampu menyaring UVB. Dalam jangka panjang, UVA juga berbahaya terhadap kulit kita. Oleh karena itu, pilih produk yang benar-benar sudah memiliki label lulus dari radiasi UVA dan UVB.