4 Gejala Gangguan Mental Tidak Percaya Diri Dengan Bentuh Tubuh

Apakah kamu sering bercermin ketika akan pergi keluar? Atau bahkan kamu ketika di luar juga sering memakai cermin? Nah, hal itu ternyata tidak baik bagi kesehatan mental kamu lho. Apa penyebabnya? Tentunya kamu bisa merasa tidak percaya diri pada bentuk tubuh kamu. Berikut adalah beberapa tanda gejala gangguan mental tidak percaya diri dengan bentuk tubuh. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui gejaalanya apa saja.

1. Sering bercermin

Gejala pertama yang bisa dijadikan tanda bahwa kamu memiliki gangguan mental adalah kebiasaan sering bercermin. Appabila kita sering bercermin, hal itu bisa jadi merupakan tanda bahwa kita tidak percaya diri dengan apa yang kita punyai. Kita menjadi tidak percaya diri dengan bentuk tubuh kita, warna kulit kita, tipe kulit wajah kita. Sering kali kita merasa insecure karena hal tersebut. Nah, untuk menghindari adanya gangguan mental karena kebiasaan bercermin ini. Sebaiknya kamu mengurangi rutinitas kamu dalam bercermin setiap harinya, agar kamu tiddak merasa kurang dengan dirimu. Agar kamu lebih bersyukur tentang bentuk tubuh kamu dan bagaimana kondisi kulit kamu. Sebaliknya hal yang kamu lakukan adalah sebaiknya kamu merawat kulit tubuh kamu agar tetap terjaga.

2. Bingung memilih pakaian

Gejala gangguan mental yang kedua yang bisa menyebabkan ketidakpercayaan diri kamu adalah saat kamu bingung memilih pakaian. Kenapa? Karena apabila saat itu kamu bingung memilih akan mengenakan pakaian apa. Secara tidak sadar kamu memilah dan memilih pakaian ini membuatku terlihat begini, sedangkan pakaian itu membuat aku terlihat lebih begitu. Hal itu tentunya membandingkan dirimu sendiri secara tidak saadar. Jadi, elebih baik kamu mengurangi aktivitas mu yang sering bingung memilih pakaian. Sebaiknya kamu memakai pakaian sesuai dengan kondisi atau kamu ingin menghadiri acara apa. Jadi, kamu tidak membuat dirimu sendiri merasa kurang percaya diri gara-gara pakaian.

3. Tidak mau diajak foto

Gejala ketiga yang bisa jadi penyebab gejala mental adalah kamu tidak mau diajak foto. Alasannya tidak mau diajak foto pun juga bermacam-macam. Entah kamu merasa tidak pede karena merasa teman-teman kamu yang lain ‘terlihat lebih cantik’ daripada kamu. Hal ini bisa mejadi bom pada dirimu sendiri, karena dengan kamu tidak mau diajak foto hal ini bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri kamu menjadi berkurang dan bisa menyebabkan kamu menjauhi teman-teman kamu secara tidak sadar. Yang nantinya bisa menyebabkan kamu menjadi seseorang yang pendiam dan selalu memikirakn pendapt orang lain mengenai tubuh kamu.

4. Cemas terhadap makanan

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan kamu merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh kamu adalah kamu sering merasa cemas terhadap makanan. Kamu merasa tidak boleh memakan makanan ini, makanan itu. Selalu kamu hindari semua makanan yanga da di depan kamu. Hal ini, bisa saja karena kamu mencemaskan bentuk tubuh kamu. Namun, kamu tidak perlu seperti itu, kamu bisa menjaga bentuk tubuh kamu dengan mengatur pola makan kamu kok. Misalnya diseimbangi dengan makan sayuran dan buah-buahan.