4 Hal Pengalihan Saat Alami Stres Dan Jenuh

Di tengah menjalani rutinitas sehari-hari tak jarang rasa stres dan jenuh menghampiri. Seringkali kesibukan yang dilakukan membuatmu tak sadar bahwa kamu telah mengabaikan kebutuhan diri, entah itu kebutuhan fisik, mental, maupun rohani. Agar kembali segar dan bisa berpikir jernih, simak beberapa hal berikut ini.

1. Jaga jarak dengan ponselmu.
Cara ini cukup ampuh untuk membuatmu lebih segar dan bebas. Ingat, hidupmu tidak hanya sebatas layar ponsel. Jadi kamu bisa bebas menikmati hal-hal lain yang dapat memberikan manfaat positif bagi dirimu. Langkah ini sudah banyak dilakukan orang lain, salah satunya selebriti dunia Selena Gomez yang cuti dari dunia hiburan pada Agustus 2016 lalu. Ia mengaku juga cuti dalam menggunakan ponselnya dan merasakan bahwa hal tersebut sangat memengaruhi kesehatan dan kebugaran jiwanya.

2. Merenung sambil dengar lagu.
Tak jarang merenung dilakukan ketika kita mencoba intropeksi diri terhadap kesalahan. Namun, bukan hanya itu. Ketika kamu mulai bosan dengan aktivitas atau rutinitas, merenung bisa menjadi solusi yang bisa membuat diri dan jiwamu beristirahat. Ambillah sedikit waktu dan mulai merenungi apa yang sudah kamu lalui, dengarkan lagu santai pasti akan membuatmu terbawa suasana.

3. Buat jadwal liburan.
Jangan menyangka liburan itu hanya akan menghabiskan uang dan waktu saja. Namun, semua orang pasti harus liburan. Apalagi kegiatan sehari-hari yang menyita tenaga tidak akan terasa jika kita meluangkan waktu untuk liburan.

4. Jangan bawa pekerjaan ke tempat tidur.
Ketika sudah berada di tempat tidur, hentikan berbagai kegiatan yang mengharuskanmu untuk berpikir keras. Biarkan dirimu istirahat terlebih dahulu. Hal seperti ini akan membantumu mengatur manajemen waktu yang lebih baik sehingga pekerjaan tidak akan mengganggu aktivitas lain dan dirimu juga tidak terlalu beban.