4 Hal Yang Sebaiknya Tidak Kamu Katakan Kepada Diri Sendiri

Apakah kamu sering berfikiran buruk tentang diri kamu sendiri? Apakah kamu juga termasuk orang yang suka menyalahkan diri kamu sendiri? Hal itu tentunya dapat berdampak buruk bagi fikiran atau psikologis kamu lho. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu katakana kepada dirimu sendiri, yuk. Simak artikel berikut ini.

1. Aku tidak pantas

Ketika kamu berkata aku tidak pantas, hal yang pertama kali terbesit dalam benakmu pasti, aku tidak bisa melakukan apa-apa, aku tidak pantas untuk melakukan hal tersebut. Ketika kamu mulai mengungkapkan hal tersebut, maka berarti kamu merasa bahwa kamu tidak percaya kepada dirimu sendiri, hal itu tentunya tidak boleh sering kamu ungkapkan, karena akan berdampak negative bagi kesehatan psikologis kamu. Sebaiknya kamu lebih mempercayai dirimu sendiri lebih dari siapapun, agar kamu tidak merasa minder, kamu harus mempercayai dirimu sendiri terlebih dahulu

2. Aku tidak dihargai

Hal selanjutnya yang sebaiknya tidak kamu katakana kepada dirimu sendiri adalah aku tidak dihargai, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kamu kurang memahami dirimu sendiri, yakni kamu tidak yakin atas apa yang sudah kamu kerjakan dapat berdampak baik, justru kamu merasa tidak dinilai dan tidak dihargai karena usahamu. Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab psikologimu dapat terganggu. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tetap melakukan hal yang sebaiknya kamu lakukan, lalu kamu bersyukur atas apa yang sudah dirimu lakukan, agar kamu tetap merasa dihargai.

3. Dia lebih baik daripada aku

Perkataan selanjutnya yang sebaiknya tidak kamu katakana kepada dirimu sendiri adalah dia tidak lebih baik daripada aku. Hal ini bisa menjadi penyebab kamu minder karena perkataan kamu, jadi kamu tidak percaya akan kemampuan yang kamu miliki, kamu justru membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Sebaiknya hindari hal tersebut ya. Karena nantinya akan membaut fikiranmu menjadi terisi oleh hal-hal negative.

4. Aku hanya bisa membuat masalah

Kata-kata terakhir yang sebaiknya juga tidak kamu katakana kepada dirimu sendiri adalah aku hanya bisa membuat masalah. Ini merupakan kata-kata mematikan, karena kamu bisa langsung tidak ingin melakukan apa-apa setelah kamu mengatakan hal ini. Kamu akan merasa bahwa yang kamu lakukan hanya bisa membuat masalah, padahal tidak sepenuhnya begitu. Jadi, sebaiknya kamu hindari beberapa kata diatas, agar kamu tidak memiliki masalah psikologis ya.