4 Manfaat Makanan Pedas, Bisa Bikin Kurus

Menurut banyak orang, makanan pedas memang akan lebih nikmat bila dikonsumsi. Hal ini pun menjadi kebiasaan yang buruk karena setiap makanan yang masuk ke mulut harus berbau pedas. Meski begitu, makanan pedas ternyata punya manfaat tersendiri bagi tubuh. Apa saja?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan yang pedas biasanya terbuat dari cabai. Nah, cabai disini mengandung vitamin C dan A yang cukup tinggi. Hal ini bisa menjadi antioksidan bagi tubuh untuk melindunginya dari serangan penyakit. Anda pun akan mendapatkan sistem imunitas yang tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Makanan yang pedas memang akan memberikan efek terbakar pada lidah. Ternyata, hal ini disebabkan karena ada senyawa capsaicin didalamnya. Tak hanya itu, senyawa ini juga bisa meningkatkan temperatur tubuh sehingga mempercepat metabolisme tubuh. Saat ini terjadi, kalori tubuh juga akan ikut terbakar dan berat badan pun bisa menurun.

3. Mencegah Kanker

Kandungan capsaicin pun juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel yang sehat disekitarnya. Manfaat ini bisa Anda rasakan saat mengonsumsinya secara rutin.

4. Menyehatkan Jantung

Cabai yang membuat makanan pedas itu ternyata juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah di dalam tubuh. Adanya senyawa capsaicin juga dapat mengatasi peradangan hingga inflamasi yang berisiko pada penyakit jantung.

Nah, meski makanan pedas cukup memberikan manfaat bagi tubuh, ada baiknya untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya. Cukup konsumsi sesuai ketahanan tubuh karena rasa pedas cabai tersebut bisa menyebabkan banyak masalah pada tubuh.