4 Manfaat Masker Alami Dari Madu, Bikin Rambut Bersih Berkilau

Rambut membutuhkan perawatan yang ekstra untuk membuatnya tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Salah satunya adalah menggunakan masker rambut alami dari madu.

Sejak dahulu, madu dikenal kaya akan nutrisi dan khasiat. Kandungan mineral, vitamin, protein, hingga antioksidan mampu merawat rambut secara alamiah. Namun, perawatan rambut dengan madu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih luas.

Meski begitu, tetap saja madu memiliki khasiat yang baik untuk rambut. Kamu dapat membuat masker madu untuk rambut ini dengan mencampurkan 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun. Kemudian, panaskan sebentar di microwave. Setelah itu, tunggu dingin dan gunakan kuas sebagai aplikatornya.

Agar mengetahui apa saja manfaat masker madu untuk rambut, berikut ini ulasannya.

1. Menguatkan rambut
Rambut yang kekurangan protein dapat mengalami kelemahan yang berujung pada kerontokan rambut. Untuk itu, madu memiliki protein yang meski dalam jumlah yang kecil dapat bermanfaat untuk memperkuat rambut jika dikombinasikan dengan vitamin dan mineral.

2. Mengatasi rambut rontok
Ketika siklus pertumbuhan berjalan dengan baik dan kekuatan rambut terjaga, maka kerontokan rambut pun akan berkurang. Namun, jika kamu mengalami kerontokan berlebihan sebaiknya segera konsultasi dengan ahlinya sembari menggunakan perawatan masker rambut dengan madu ini.

3. Dijadikan kondisioner rambut
Produk kondisioner memiliki fungsi utama yaitu melembapkan rambut. Hal ini dikarenakan dalam kondisioner terdapat vitamin dan mineral. Nah, sama halnya dengan madu. Kandungan vitamin, mineral, dan asam amino dapat memberikan kelembapan pada rambut serta melindunginya dari kerusakan.

4. Menjaga kesehatan kulit kepala
Jangan salah, kulit kepala juga bisa mengalami masalah, seperti kotor akibat banyak minyak, residu, hingga ketombe. Fungsi madu ini dapat memberikan kulit kepala yang bersih dan terbebas dari masalah rambut.

Itulah 4 manfaat yang bisa diberikan oleh masker alami madu untuk rambut kamu. Berminat untuk mencobanya?