4 Solusi Atasi Mata Merah Menurut Medis

4 Solusi Atasi Mata Merah Menurut Medis

Informasi Terkini – Kita seringkali menemui mata yang memerah, entah itu akibat irirtasi, alergi, maupun cedera ringan. Mata merah ini umumnya tidak berbahaya bila timbul tanpa rasa sakit. Namun, adanya mata merah ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman dan Anda menginginkan untuk segera sembuh. Nah, di bawah ini ada beberapa solusi untuk mempercepat penyembuhan mata meras sesuai saran medis.
1. Mengompres mata
Penyembuhan mata merah yang paling mudah adalah dengan mengompresnya menggunakan kain lembut yang dibasahi oleh air hangat atau air dingin. Lakukan pengompresan beberapa kali agar mata merah segera menghilang.
2. Menjaga kebersihan mata
Mata memerah bisa disebabkan karena kita kurang menjaga kebersihan mata. Untuk itu, jagalah kebersihan mata dengan:
– tidak menggunakan riasan mata, atau gunakan riasan mata yang tidak menyebabkan alergi
– mencuci tangan setiap sebelum maupun setelah beraktivitas
– mencuci sarung bantal, seprei, handuk, dan pakaian secara rutin
– tidak menyentuh area mata
– mandi secara rutin dua kali sehari
3. Melindungi mata dari pemicunya
Ketika mata memerah, yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari pemicunya. Seperti pemicu alergi yang sering menyebabkan mata merah adalah asap, debu, dan serbuk sari. Lalu, ketika mata masih merah, jangan gunakan lensa kontak terlebih dahulu karena hal ini dapat menyebabkan mata merah semakin parah.
4. Menggunakan obat tetes mata
Obat tetes mata memang ampuh untuk mengatasi mata merah. Namun, obat ini bias menyebabkan reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang. Jika Anda ragu, Anda bias terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.