4 Tips Aman Pakai Soflents Tanpa Takut Iritasi Mata

4 Tips Aman Pakai Soflents Tanpa Takut Iritasi Mata

Informasi Terkini – Banyak orang lebih memilih soflents atau lensa kontak ketimbang kacamata. Selain praktis, soflents juga beraneka jenis dan memiliki warna-warna sehingga membuat mata menjadi lebih indah. Akan tetapi, soflents juga bisa memberikan dampak negatif pada mata jika penggunaannya tidak tepat. Seperti menggunakannya setiap saat atau bahkan digunakan untuk tidur dapat merusak mata.
Tapi, jangan dulu khawatir. Anda bisa aman pakai soflents dengan mengikuti 4 tips penggunaan tepat soflents berikut ini, lho.
1. Pastikan tangan bersih
Ketika akan menggunakan atau melepas soflents ke mata, pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih. Sebelum memegang soflents, cuci tangan dan air bersih dan sabun terlebih dahulu. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Lalu, Anda bisa mengambil soflents dari wadahnya.
Begitu juga, saat melepas soflents. Pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih dan lepaskan lensa dari mata secara perlahan dan lembut.
2. Jangan lupa bersihkan soflents
Soflents juga perlu dibersihkan dan dirawat dengan baik agar dapat digunakan dalam waktu yang lama dan aman untuk mata. Tapi, jenis lensa kontak pun beragam. Ada yang setelah dipakai langsung buang, tapi ada juga yang bisa dipakai berkali-kali. Tnetunya hal ini membutuhkan pembersihan menggunakan pembersih khusus secara rutin. Karena, soflents yang kotor dapat berisiko menginfeksi mata.
3. Simpan lensa kontak pada tempatnya
Karena soflents mudah terpapar oleh kotoran maupun debu, Anda perlu cermat dalam menyimpannya. Gunakan tempat soflent untuk menyimpan lensa kontak dengan tepat dan jauhkan dari benda sehari-hari yang mudah menyebarkan kotoran.
4. Hindari kebiasaan buruk yang sebabkan infeksi mata
Beberapa kebiasaan yang sepele dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi mata ketika menggunakan soflents, seperti:
– Tidur menggunakan soflents
– Menggunakan soflents milik orang lain
– Pakai cairan pembersih yang telah kedaluwarsa
– Dan beberapa kebiasaan lainnya