4 Tips Jika Kamu Ingin Menulis Jurnal

Apakah kamu merupakan salah satu seseorang yang gemar menulis? Bahkan memiliki hobi menulis? Apakah kamu suka menulis buku harian? Atau jurnal? Atau bahkan kamu berencana menjadi seorang penulis? Nah, berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin menulis jurnal. Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Tentukan dengan jenis jurnal

Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila kamu ingin menulis jurnal adalah kamu harus menentukan jenis jurnal apa yang kamu tulis, apakah jurnal harian kamu, ataukah jurnal perjalanan kamu, aatau kamu ingin menulis jurnal mengenai opini kamu. Hal ini bisa kamu tentukan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menulis ya.

2. Cantumkan tanggal

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin menulis jurnal adalah dengan mencantumkan tanggal di setiap tulisan dalam jurnal yang kamu buat. Agar nantinya apabila kamu membaca-baca jurnal kamu kembali, kamu bisa mengetahui kapan jurnal ini kamu tulis, jadi memudahkan kamu juga. Dan dapat mengenang semasa kamu menulis jurnal tersebut.

3. Tulis jurnal dengan teratur

Hal ketiga yang harus kamu perhatikan apabila kamu akan menulis jurnal adalah kamu harus menulis jurnal dengan teratur. Karena keteraturan itu bisa membuat kamu semangat ketika menulis jurnal, jadi kamu harus benar-benar menata jurnal kamu, dan kamu menginginkan menulis jurnal seperti apa agar kamu semakin bersemangat ketika menulis jurnal.

4. Selalu bawa jurnal saat kamu bepergian

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, apakah kamu menulis jurnal tentnag keseharian kamu atau bagaimana, sebaiknya kamu membawa jurnal saat kamu berpergian, karena kaumu bisa saja menulis jurnal saat kamu dalam perjalanan bepergian itu.