4 Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar

Nah, bagi kamu yang pelajar ataupun mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya belajar. Yup, belajar memang suatu keharusan bagi kita generasi muda ini. Namun, tak dipungkiri bahwa semakin kita sering belajar, maka perasaan bosan itu lama kelamaan akan muncul. Semakin bosan belajar, jadi ilmu yang disampaikan oleh guru ataupun dosen menjadi tidak masuk di telinga kita. Nah, untuk mengatasi rasa malas belajar tersebut. Yuk, simak beberapa tips bagaimana cara mengatasi rasa malas belajar

1) Melakukan hobi yang kita sukai

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas belajar kamu adalah dengan melakukan hobi terlebih dahulu, tentunya hobi yang kita sukai. Nah, kamu bisa mencoba membaca buku terlebih dahulu, novel misalnya, apabila kamu hobi membaca, hal tersebut bisa membuat tubuh dan otak kamu rileks, sehingga semangat kamu akan muncul kembali nantinya.
Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti berlibur sejenak, misalnya pergi ke pusat perbelanjaan, hal tersebut bagi sebagian orang merupakan hobi. Kamu juga bisa mencoba melakukan hal tersebut.

2) Mengatur jadwal belajar

Setelah pikiran dan tubuh kamu kembali rileks karena sudah melakukan aktivitas yang kamu senangi. Langkah selanjutnya agar kamu tidak malas belajar adalah dengan mencoba mengatur jadwal belajar. Kamu bisa menerapkan 30 menit belajar lalu istirahat. Cara tersebut terbukti efektif untuk diterapkan kepada generasi sekarang ini.

Namun, pastikan 30 menit berharga itu untuk benar-benar belajar. Jauhkan hp, laptop dan segala jenis alat elektronik lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi belajar kamu. Nah, kamu bisa memasang alarm tanda waktu 30 menit pertama belajar kamu telah usai. Selanjutnya, kamu bisa bermain handphone atau laptop selama kurang lebih 10 menit.

Setelah istirahat selama 10 menit, kamu bisa memulai belajar lagi. Tentunya tetap memakai waktu 30 menit. Karena hal tersebut efektif untuk membantu ilmu yang kamu pelajari terserap dalam 30 menit tersebut.
Namun, apabila kamu seorang pelajar yang memiliki waktu yang padat dari pagi hingga malam belaajar terus menerus. Kamu bisa menerapkan gaya belajar 30 menit ini pada waktu weekend saja. Karena pastinya tubuh sudah lelah apabila seharian belajar terus menerus. Kuncinya adalah jangan memaksakan tubuh untuk terus belajar apabila tubuh sudah lelah sebaiknya segera beristirahat.

3) Mencatat catatan dengan kreatif

Setelah waktu belajar dirasa sudah pas. Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan mencoba membuat catatan dengan kreatif. Contohnya catatan kreatif adalah dengan membuat catatan berdasarkan sub bab yang dipelajari menggunakan bolpoin warna-warni misalnya. Kamu bisa mencatat poin-poin penting pada bab tersebut, yang bisa kamu rangkum dalam tulisan berawarna-warni. Kamu bisa mencobanya apabila ada waktu senggang di sekolah, atau sepulang sekolah.

4) Menyiapkan camilan sambil belajar

Selain mencoba memperbaiki catatan pelajaran atau harian kamu. Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menyiapkan camilan sambil belajar. Tentunya tidak saat belajar di kelas. Kamu bisa menyiapkan camilan sehat saat belajar di rumah. Bisa memanfaatkan camilan yang dapat membantu belajar kamu lebih bersemangat tentunya.
Namun, kamu harus ingat bahwa itu hanya camilan. Tidak perlu kamu sampai berhenti belajar demi memakan camilan lho ya.