5 Makanan Yang Perlu Dihindari Agar Tidak Memperparah Kondisi Ambeien

Wasir atau yang lebih dikenal dengan ambeien merupakan penyakit yang terjadi pada bagian usus besar. Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya faktor genetik dari keluarga. Selain itu, aktivitas sehari-hari seperti duduk terlalu lama, mengejan saat BAB, dan obesitas bisa menjadi penyebab dari ambeien.
Untuk mencegah dan mengatasi ambeien kita diperlukan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari makan hingga aktivitas sehari-hari disarankan untuk selalu yang menyehatkan tubuh. Pasalnya, pola makan yang tidak dijaga dengan baik justru dapat memperburuk kondisi tubuh.
Nah, di bawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat mengalami ambeien.
1. Makanan yang berlemak
Makanan yang berlemak sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita ambeien. Hal ini dikarenakan makanan berlemak dapat mengakibatkan sakit perut dan memperparah kondisi ambeien. Selain itu, lemak yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan waktu yang banyak untuk dicerna sehingga dapat mempengaruhi kondisi pencernaan.
2. Makanan yang mengandung banyak garam
Makanan yang mengandung garam tinggi sebaiknya juga dihindari. Hal ini dapat memperlambat sistem pencernaan sehingga menjadikan tumpukan garam dalam darah. Apabila tumpukan ini semakin banyak bisa mengakibatkan kembung dan ambeien bisa lebih parah dan membengkak.
3. Makanan pedas
Bagi yang sangat doyan dengan pedas pasti sulit untuk dihindari. Namun, makanan pedas bagi penderita ambeien justru dapat menyebabkan diare dan mempengaruhi sistem pencernaan. Alhsail, kondisi ambeien bisa makin parah.
4. Buah Jeruk
Meski jeruk banyak kandungan, terutama vitamin C yang melimpah, tapi, bagi penderita ambeien jeruk tidak disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan jeruk juga mengandung asam yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi sistem pencernaan.
5. Keju
Mengonsumsi keju juga tidak disarankan untuk penderita ambeien. Keju akan menimbulkan produksi gas lebih banyak dalam sistem pencernaan. Selain itu, keju juga tidak memberikan nutrisi pada tubuh penderita ambeien.