5 Reaksi Kulit Saat Tak Cocok Gunakan Produk Skincare

Semua produk skincare memang bertujuan untuk menjaga kulit si pemakai agar tetap cantik dan sehat. Tapi, banyak orang justru menggunakan skincare karena tergiur dari manfaat yang diterima orang lain setelah memakai produk tersebut. Padahal, tidak semua kondisi kulit tidak cocok menggunakan produk tersebut. Akhirnya, kulit pun menjadi kemerahan bahkan iritasi.
Untuk itu sebaiknya kamu tidak perlu coba-coba skincare yang sedang booming atau tren. Teliti dulu apa yang terkandung di dalamnya sebelum digunakan. Kalau asal, bisa-bisa kamu mengalami salah satu dari beberapa reaksi kulit saat tidak cocok memakai produk skincare di bawah ini.
1. Kulit terasa gatal
Kulit yang terasa gatal setelah memakai produk skincare tertentu bisa menjadi tanda awal bahwa kulitmu memang tidak cocok memakai produk tersebut. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya sensitivitas formula, seperti fragrence. Fragrence ini merupakan formula yang menimbulkan wewangian pada produk skincare. Untuk itu, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif tidak cocok menggunakan produk dengan kandungan ini.
2. Adanya ruam pada wajah
Bukan hanya kulit sensitif, kamu pemilik kulit normal juga berpeluang mengalami ruam saat tidak cocok dengan produk skincare. Ruam biasanya ditumbulkan oleh salah satu zat, yaitu retinol. Bagi kulit, zat ini memang dapat menyamarkan flek hitam sehingga kulit bisa awet muda. Tapi, dosis yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi kulit. Jadi, pastikan untuk mengecek komposisinya terlebih dulu, ya!
3. Kulit menjadi kering hingga bersisik
Beberapa skincare dengan kandungan alkohol bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan alkohol yang terkadung melebihi dosis yang dibutuhkan kulit, akhirnya kulit menjadi kasar dan bersisik.
4. Kulit mengelupas
Memang beberapa skincare mencantumkan efek samping kulit yang mengelupas saat awal pemakaian. Tapi, bila hal ini terjadi secara berturut-turut dan dalam kemasan tidak tercantum efek samping tersebut, kamu perlu waspada. Sebab kulit mengelupas bisa menjadi tanda bahwa kamu alergi dengan produk skincare yang sedang digunakan.
5. Breakout dengan munculmya jerawat dan komedo
Skincare yang mengandung silikon dapat menyebabkan kamu rentan mengalami breakout atau muncul jerawat dan komedo. Skincare jenis ini biasanya ringan dan lembut saat digunakan, tapi hal ini justru dapat menyebabkan pori-pori tersumbat bila tidak cocok.
Nah, itulah beberapa masalah yang bisa kamu alami saat menggunakan produk skincare yang tidsk cocok dengan kulit. Untuk itu, bila kamu mengalami salah satu atau beberapa kondisi di atas, segera hentikan pemakaian atau konsultasi dengan dokter yang lebih berpengalaman terlebih dulu.