5 Tanda Anda Belum Memenuhi Asupan Air Pada Tubuh

5 Tanda Anda Belum Memenuhi Asupan Air Pada Tubuh

Informasi Terkini – Lebih dari sekadar menghilangkan rasa haus, air putih memiliki peranan penting dalam menjaga teraturnya fungsi tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa kita perlu mengonsumsi air putih sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Jika konsumsi air putih sangat minim, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Namun, kondisi ini bisa dicegah apabila Anda menyadari hal-hal yang menandakan kurangnya asupan air pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya.

1. Bau mulut

Sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi, tetapi napas masih berbau kurang sedap? Ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan air pada tubuh. Air memiliki peranan penting untuk memproduksi air liur, yang berfungsi untuk mencegah penumpukan bakteri penyebab bau mulut pada lidah, gigi, dan gusi. Selain itu, air putih juga dapat membantu membilas bakteri tersebut, sehingga gigi dan gusi tetap sehat.

2. Kurang bertenaga

Sebagai salah satu komponen terpenting dalam tubuh, air juga berperan untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Saat tubuh kekurangan air, volume darah berpotensi menurun. Akibatnya, jantung bekerja lebih ekstra dalam menyebarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ tubuh, termasuk juga pada otot. Hal inilah yang membuat tubuh Anda terasa lemas dan kurang bertenaga.

3. Konstipasi

Konstipasi juga dapat menjadi tanda kurangnya asupan air pada tubuh. Air berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan, serta membantu pergerakan kotoran pada sistem pencernaan. Saat tubuh kekurangan air, kotoran yang terbentuk akan menjadi lebih keras, sehingga pergerakannya dalam usus menjadi terhambat. Maka itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan berat badan Anda, ya!

4. Kulit kusam

Selain menyebabkan beragam masalah bagi kesehatan tubuh, kekurangan asupan air dapat terpancar dari kulit Anda, lho! Dua masalah kulit yang paling sering muncul saat tubuh kekurangan air adalah kulit kering dan kusam. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar, sehingga nutrisi dan oksigen tidak dapat tersalurkan dengan baik pada kulit. Kalau Anda ingin tampilan kulit tetap cantik dan sehat, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air, ya!

5. Sugar crave

Nah, poin yang terakhir ini masih ada hubungannya dengan poin nomor 2. Saat kekurangan air, tubuh menjadi kurang bertenaga. Selain itu, tubuh juga kesulitan mengambil glukosa untuk energi. Inilah yang membuat kita jadi ngidam makanan manis. Jika Anda tiba-tiba ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, coba minum 1-2 gelas air putih terlebih dahulu. Siapa tahu, ngidam Anda bisa hilang tanpa perlu mengonsumsi gula.