5 Tips Aman Gunakan Make Up Mata

5 Tips Aman Gunakan Make Up Mata

Informasi Terkini – Make up memiliki banyak jenis sehingga membuat para wanita seringkali melakukan kesalahan yang justru dapat berakibat buruk. Misalnya make up mata. Banyaknya jenis hingga produk yang dijual di pasaran, seperti maskara, eye liner, atau eye shadow membuat riasan mata menjadi beragam. Tapi, bila Anda memakainya tidak hati-hati dan kurang tepat, bisa membuat mata menjadi sensitif dan mudah teratasi, lho. Untuk itu, ikuti 5 tips berikut dalam memakai riasan mata yang tepat.
1. Gunakan kandungan yang aman dan tak berbahaya
Pilih produk make up mata yang mengandung bahan aman dan tidak berbahaya. Baca terlebih dahulu label produk sehingga Anda bisa memilih mana produk yang tepat. Hindari produk yang menggunakan bahan berbahaya, seperti kohl, BHA, urea, sulfat, dan phtalates yang dapat berisiko mengiritasi kulit hingga memicu kanker.
2. Hati-hati saat menggunakan riasan glitter
Untuk membuat mata terlihat lebih indah, banyak yang menambahkan eye shadow glitter. Tapi, bila tidak hati-hati, hal ini dapat menyebabkan masalah pada mata. Sebab, banyak kasus dari penggunaan make up ini dapat menyebabkan infeksi kornea.
3. Gunakan make up yang belum kedaluwarsa
Tak hanya make up mata saja, pastikan semua make up yang Anda pakai masih belum mencapai tanggal kedaluwarsa. Selain itu, ketika produk sudah dibuka, hal ini juga akan memudahkan kuman untuk masuk. Untuk itu, jaga kebersihan produk make up Anda agar tak menyebabkan masalah.
4. Selalu pakai di tempat yang tepat
Ketika menggunakan produk make up, selalu gunakan pada tempat yang tepat. Seperti eye liner, gunakan di luar garis bulu mata. Hal ini bertujuan untuk menghindari terhalangnya kelenjar minyak yang ada pada kelopak mata atas maupun bawah.
5. Jangan berbagi atau bertukar make up
Berbagi atau bertukar make up dengan orang lain dapat meningkatkan timbulnya infeksi. Sebab, kita tidak mengetahui secara pasti bagaimana kondisi dari orang tersebut, selain itu, hal ini akan memudahkan make up terkontaminasi oleh kuman maupun kotoran.