7 Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

7 Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

Informasi Terkini – Dalam urutan skincare, membersihkan wajah merupakan hal utama dan penting untuk dilakukan. Membersihkan wajah ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, keringat, minyak, hingga sel kulit mati agar tidak menempel pada kulit. Meskipun tampak mudah dilakukan, tapi banyak orang masih keliru menerapkan cara tepat membersihkan wajah.
Bagi kamu yang belum tahu, ikuti 7 cara berikut untuk membersihkan wajah dengan tepat sehingga mendapatkan kulit sehat, bersih, dan bebas masalah.
1. Mengetahui jenis kulit
Sebelum membersihkan wajah, ketahui dulu jenis kulit wajah Anda. Hal ini akan membantu pemilihan pembersih muka yang sesuai sehingga dapat memberikan efek positif untuk kulit.
2. Mencuci muka dua kali sehari
Rutin mencuci muka juga perlu dilakukan agar wajah bisa bersih dan sehat. Cuci muka dua kali sehari, yaitu pagi saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit kering karena kelembapan alaminya menghilang.
3. Gunakan sabun pembersih
Sabun pembersih ini membantu mengangkat kotoran dan menutrisi kulit sesuai kondisinya. Sebelum menggosokkan, tuang sabun pembersih ke tangan kemudian gosok perlahan di wajah. Lakukan pijatan ringan di seluruh wajah. Setelah itu, bilas hingga bersih.
4. Lakukan double cleansing
Bagi orang yang setiap hari menggunakan make up tebal maupun ringan, double cleansing atau triple cleansing perlu dilakukan.
Caranya, bersihkan dulu wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil untuk menghapus make up. Kemudian, cuci wajah dengan sabun pembersih seperti biasanya dan gunakan toner serta astrigent setelahnya.
Bagi kamu yang seharian berada di rumah tidak perlu melakulan double cleansing.
5. Tidak perlu mendiamkan sabun hingga meresap
Saat membersihkan wajah, banyak orang menganggap bahwa dengan mendiamkan sabun di kulit saat cuci muka bisa membuatnya meresap dan semakin terasa khasiatnya. Namun, ternyata itu hanya mitos semata. Mendiamkan sabun di kulit terlalu lama tidak akan memberikan pengaruh apa pun. Kecuali memang petunjuk penggunaannya begitu.
6. Gunakan air biasa saat cuci muka
Sebagian orang menganggap mencuci muka dengan air hangat bisa membersihkan dan mengangkat kotoran lebih maksimal. Namun, pada orang yang memiliki kulit sensitif hal ini bisa menyebkan timbulnya iritasi. Untuk itu, agar tetap aman bersihkan wajah dengan air biasa saja.
7. Setelah berkegiatan di luar segera bersihkan wajah
Banyak beraktivitas di luar ruangan menyebabka banyak kotoran, debu, polusi, dan sebagainya menempel di wajah. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada kulit. Untuk itu, segera bersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.