Agar Tak Meninggalkan Bekas, Berikut 5 Tips Merawat Kulit Dari Gigitan Nyamuk

Agar Tak Meninggalkan Bekas, Berikut 5 Tips Merawat Kulit Dari Gigitan Nyamuk

Informasi Terkini – Kalau biasanya udara lembap dan terik matahari menjadi dua hal yang kerap dikeluhkan dari iklim tropis Indonesia, sebetulnya masih ada satu hal lagi yang tak kalah mengganggu, lho, yaitu keberadaan nyamuk! Apalagi kalau sudah memasuki musim pancaroba dan musim penghujan, wuih tak usah ditanya lagi betapa mengganggunya serangga yang satu ini.

Masalahnya, kalau sudah digigit nyamuk tuh gatalnya bukan main. Alhasil, Anda pun tak tahan untuk menggaruknya hingga berbekas di kulit. Sebal, kan? Nah, agar gigitan nyamuk tak lagi meninggalkan bekas, coba intip 5 tips berikut, yuk!

1. Hindari menggaruk bekas gigitan

Pada dasarnya, yang membuat gigitan nyamuk berbekas adalah karena saat kulit meradang, menggaruk membuat peradangan semakin parah, sehingga menjadi luka dan terjadi pigmentasi. Duh, tapi kan gatal?

Nah, agar Anda tak menggaruk gigitan nyamuk, yang terpenting Anda perlu mengurangi rasa gatalnya. Kalau bekas gigitan nyamuk tidak gatal, Anda tidak akan menggaruknya, sehingga gigitan nyamuk tak akan menjadi luka, dan tidak meninggalkan bekas, deh!

2. Redakan rasa gatal dengan cara alami

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal, lho. Dari yang termudah, Anda bisa membasuh gigitan nyamuk dengan air dan sabun, atau mengompresnya dengan es batu. Jika gigitan nyamuk cukup banyak, Anda bisa mandi dengan air dingin yang akan meredakan keseluruhan rasa gatal.

Apabila rasa gatal gigitan nyamuk tak tertahankan, Anda juga bisa menepuk atau mencubit area gigitan, alih-alih menggaruknya. Jika putra atau putri Anda yang digigit nyamuk, Anda juga bisa menempelkan plester pada gigitan nyamuk agar si kecil tak bisa menggaruknya secara langsung.

3. Cegah infeksi terjadi pada gigitan nyamuk

Agar gigitan nyamuk tak membengkak dan meradang, Anda bisa membantu mencegah infeksi terjadi dengan beberapa alternatif. Anda bisa mengoleskan aloe vera, madu, vitamin E, atau essential oil lavender dan lemon.

Selain membantu mencegah iritasi, hal tersebut juga akan membantu merawat kulit agar gigitan nyamuk tak berbekas. Apalagi, wangi lemon dan lavender juga dikenal ampuh menjauhkan nyamuk dari Anda.

4. Gunakan skin care dengan kandungan mencerahkan

Bagaimana jika gigitan nyamuk sudah terlanjur berbekas? Tenang saja, Anda masih bisa menyamarkannya, kok! Sebagaimana Anda mencerahkan noda hitam pada wajah, Anda bisa menggunakan produk skin care dengan khasiat mencerahkan untuk mengurangi bekas gigitan nyamuk.

Kandungan yang perlu Anda cari di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, niacinamide, serta alpha arbutin. Selain mengaplikasikan produk skin care tersebut, jangan lupa untuk rutin melakukan eksfoliasi untuk mendorong pergantian sel-sel kulit dan menggunakan sunscreen, ya!

5. Mencegah gigitan nyamuk

Seperti peribahasa “sedia payung sebelum hujan” yang berarti lebih baik mencegah daripada mengobati, alih-alih berusaha mengatasi bekas gigitan nyamuk, lebih baik mulai lindungi diri dari gigitan nyamuk, yuk!

Selain memperhatikan kebersihan rumah agar tak lembap dan menjadi sarang nyamuk, Anda juga bisa menggunakan pakaian tertutup, menyemprot pembunuh serangga, memasang perangkap serangga, atau menggunakan lotion anti serangga yang banyak dijual di pasaran.