Agar Terhindar Penyakit, Lakukan Upaya Ini Tuk Perlancar Peredaran Darah

Agar Terhindar Penyakit, Lakukan Upaya Ini Tuk Perlancar Peredaran Darah

Informasi Terkini – Dalam tubuh, sistem peredaran darah memiliki fungsi yang sangat besar. Sistem peredaran darah membawa oksigen dan zat gizi yang akan disalurkan pada seluruh jaringan tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan dan kelancaran fungsi dari sistem peredaran darah perlu dilakukan. Ketika sistem peredaran darah terganggu, hal ini turut memengaruhi fungsi tubuh lainnya, hingga terjadi komplikasi berbagai penyakit.
Untuk mencegahnya, ada beberapa upaya yang bisa dilkuakan untuk memperlancar fungsi peredaran darah dalam tubuh.
1. Konsumsi makanan ini
Beberapa makanan dapat memengaruhi kelancaran sistem peredaran darah. Seperti buah delima, sayuran hijau, dan cabai memiliki kandungan nitrit oksida. Hal ini dapat melebarkan pembuluh darah yang kemudian akan berdampak pada darah yang mengalir lebih efektif.
Sementara itu, untuk menjaga kesehatan dan penyumbatan oleh kolesterol, Anda bisa mengonsumsi makanan yang megandung asam lemak omega-3. Biasanya, kandungan ini terdapat pada ikan. Dan, makanan kaya antioksidan, seperti aneka buah beri dapat melindungi sistem peredaran darah dari radikal bebas.
2. Menghindari kebiasaan merokok
Merokok dapat menyebabkan sistem peredaran darah terganggu. Karena dalam rokok terdapat kandungan bahan aktif berbahaya, yaitu nikotin. Kandungan ini merusak pembuluh darah dan membuat darah jadi kental.
3. Menjaga berat badan
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memengaruhi sistem peredaran darah. Obesitas ini dapat menghambat jalannya darah dan menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Selain terganggunya sistem peredaran darah, hal ini dapat meningkatkan penyakit jantung hingga stroke. Untuk itu, usahakan menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.
4. Rutin berolahraga
Rutin berolahraga dapat memperlebar pembuluh darah sehingga dapat bekerja dengan baik dalam mengedarkan oksigen dan darah ke seluruh jaringan tubuh.
5. Kelola stres dengan bijak
Ketika Anda mengalami beban pikiran berat hingga stress, hal tersebut dapat membuat pembuluh darah menyempit. Tentunya ini menyebabkan sirkulasi darah juga terganggu. Nah, untuk itu kelola stress dengan bijak dengan melakukan beberapa hal yang menyenangkan, seperti mendengarkan lagu, berlibur, dan lainnya.