Harga Minyak Bayangi Bursa Asia

Harga Minyak Bayangi Bursa Asia

Informasi TerkiniBursa saham Asia cenderung bergerak fluktuasi pada perdagangan saham Rabu pekan ini seiring harga minyak tertekan sehingga menambah beban sentimen investor.
Dikutip dari CNBC, Rabu (9/12/2015) indeks saham Jepang Nikkei turun 61 poin atau 0,31 persen menjadi 19.432. Sebagian besar saham unggulan di bursa saham Jepang cenderung tertekan dengan saham Sony dan Mitsubishi Electric melemah lebih dari 1 persen.
Sedangkan indeks saham Korea Selatan Kospi naik tipis 5 poin atau 0,26 persen ke level 1.954. Saham-saham unggulan Korea Selatan bergerak variasi dengan saham Samsung Electronic naik 0,4 persen. Indeks saham Australia bergerak flat, dan cenderung melemah 1 poin atau 0,02 persen ke level 5.107.
Bursa saham Asia bergerak fluktuasi ini juga dipengaruhi harga minyak cenderung melemah. Harga minyak West Texas Intermediate melemah 0,37 persen ke level US$ 37,51 per barel. Sedangkan harga minyak Brent turun 44 sen ke level US$ 40,28 per barel.
Analis IG Evan Lucas mengatakan, negara produsen minyak atau OPEC tidak berupaya untuk memangkas produksi minyak. Ini juga membuat frustasi di pasar. “Kelihatannya OPEC tidak tertarik untuk menyeimbangkan pasar minyak antara persediaan dan permintaan. Kelihatannya menunggu produksi minyak Kanada, Norwegia, Rusia dan Amerika Serikat untuk turun,” ucapnya.