Aktivitas Di Bawah Ini Bisa Berisiko Varises

Varises sering terjadi di area kaki. Hal ini biasanya disebabkan karena pembuluh darah atau pembuluh pena tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung. Akhirnya darah dapat menumpuk dan menyebabkan terjadinya varises.
Adanya varises ini sering menghambat aktivitas sehari-hari karena membuat sebagian orang merasa mudah lemas. Seringkali varises membuat seseorang tidak percaya diri.
Ternyata faktor utama varises bukan hanya pembuluh darah yang tidak berfungsi. Beberapa aktivitas berikut ini juga rentan menjadi penyebab munculnya varises. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.
1. Terlalu Lama Duduk
Duduk yang terlalu lama memang benar-benar tidak baik. Salah satunya adalah menyebabkan varises. Hal ini bisa terjadi karena ketika duduk lutut akan tertekuk sehingga menyebabkan pembuluh darah menjadi terhambat. Hal ini bisa memicu munculnya varises.
2. Terlalu Lama Berdiri
Bukan hanya duduk, berdiri yang terlalu lama juga dapat menyebabkan varises. Kaki yang digunakan untuk berdiri terlalu lama membuatnya menjadi tegang. Akibatnya pembuluh darah menjadi tidak normal dan mengakibatkan varises.
3. Faktor Usia
Usia juga menjadi faktor penyebab terjadinya varises. Hal ini terjadi karena katup vena yang melemah bisa terjadi di usia yang sudah tua. Akibatnya terjadinya pembesaran dan gumpalan dalam pembuluh darah.
4. Terlalu Ketat Memakai Celana
Celana yang ketat memang sedang tren di akhir-akhir ini. Namun, hal ini ternyata tidak baik untuk kondisi kaki. Varises bisa saja terjadi di area pinggul karena adanya penyumbatan pembuluh darah pada kaki.
Itulah beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan varises. Untuk menghindarinya, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan, olahraga teratur, dan melengkapi nutrisi dalam tubuh.