Alasan Yang Bisa Jadi Pertimbangan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Kartu Kredit

Alasan Yang Bisa Jadi Pertimbangan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Kartu Kredit

Informasi Terkini – Kartu kredit hadir sebagai salah satu produk keuangan revolusioner yang banyak digunakan masyarakat. Kartu kredit yang berbasis utang ini dianggap memudahkan para penggunanya dalam memenuhi kebutuhan, bahkan gaya hidup sekalipun. Namun di era digital ini, keberadaan kartu kredit semakin tergeser dengan adanya pembayaran digital tanpa kartu. Bahkan pada beberapa e-commerce, Anda tetap bisa berbelanja dengan cara mencicilnya dengan sistem online.

Meskipun begitu, banyak juga yang masih ingin memakai kartu kredit karena fungsinya yang fleksibel hingga menjadi daya tarik konsumen saat ini. Jika masih bingung, berikut ini alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan apakah Anda perlu memiliki kartu kredit atau tidak.

1. Lebih Fleksibel

Dibandingkan memegang uang tunai, banyak orang yang lebih memilih menggunakan kartu kredit karena jauh lebih praktis dan meminimalisir kehilangan uang. Anda tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk bertransaksi, misalnya saja dalam membayar kamar hotel, membayar tagihan rutin, hingga berbelanja kebutuhan. Setiap transaksi juga dimasukkan dalam satu tagihan sehingga Anda bisa menghitungnya dengan mudah karena sudah terekam dalam kartu kredit.

2. Keperluan Mendadak

Meskipun semua dana pengeluaran sudah Anda alokasikan sebagaimana mestinya, tak ada yang tahu kapan terjadi musibah yang mengharuskan Anda mengeluarkan banyak uang. Dalam keadaan terhimpit dan tidak memiliki uang tunai, kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi dari masalah Anda. Namun, perlu diingat, jangan menggunakan kartu kredit terlalu sering untuk kebutuhan yang sifatnya tidak penting.

3. Menyimpan Uang

Banyak yang menganggap kartu kredit justru membuat penggunanya jadi lebih boros. Namun, sebenarnya kartu kredit justru bisa membuat Anda menghemat pengeluaran jika digunakan dengan bijak. Anda bisa mengontrol pengeluaran karena kartu kredit memiliki limit penggunaan. Ditambah lagi dengan berbagai promo menarik dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu. Jadi, jangan sampai keliru menggunakan kartu Anda, ya.

4. Mendapatkan Promosi Menarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kartu kredit memungkinkan Anda mendapatkan berbagai penawaran menarik termasuk harga promo, cicilan nol persen, cashback, hingga hadiah langsung. Beberapa kartu kredit juga memberikan poin reward yang bisa Anda gunakan untuk ditukarkan dengan produk tertentu. Kalau sudah begini, apa Anda sudah mempertimbangkan untuk memiliki kartu kredit?

5. Berbelanja dengan Cara Dicicil

Suatu saat jika Anda butuh suatu barang untuk keperluan yang sangat penting, namun dana tidak cukup, maka ini saat yang tepat menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memungkinkan Anda untuk menyicil pembayaran sehingga penggunanya dapat memenuhi kebutuhan tertentu yang mendesak. Bisa dibilang, fitur inilah yang paling diincar para konsumen karena kartu kredit memudahkan dalam menyicil suatu barang.