Anak Alami Diare, Perlukah Diberi Antibiotik?

Anak Alami Diare, Perlukah Diberi Antibiotik?

Informasi Terkini – Saat anak mengalami diare akut ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orangtua agar diare sembuh dan tidak bertambah parah. Yang pertama, orangtua perlu memastikan tubuh anak memiliki kecukupan cairan sehingga tubuh bisa kembali normal tanpa kekurangan cairan. Diare memang menyebabkan cairan dalam tubuh terbuang.
Selanjutnya, berikan makanan yang mengandung zink karena kandungan ini dapat memperbaiki vili usus anak yang rusak karena terkena diare. Kemudian, diare menyebabkan nutrisi-nutrisi dalam tubuh anak terbuang sia-sia. Hal ini berarti sebagai orangtua perlu memberikan nutrisi yang tercukupi untuk mengganti yang terbuang itu.
Dan yang terakhir yaitu pemberian antibiotik secara selektif pada kasus tertentu. Bukan sembarang, pemberian antibiotik ini perlu pendampingan khusus dari dokter agar semua bisa kembali sehat dan anak bisa sembuh dari diare akut.
Pemberian antibiotik secara sembarangan bisa membuat tubuh anak justru dalam bahaya. Ketika antibiotik tidak sesuai, kuman akan mudah mengalami kekebalan atau resistansi terhadap antibiotik tersebut. Sehingga, bila suatu saat ada infeksi kuman dalam tubuh anak, antibiotik sudah tidak lagi dapat mencegah dan mengurangi kuman tersebut dalam tubuh anak. Jadi, pendampingan oleh dokter diperlukan saat pemberian antibiotik yang sesuai dengan kondisi yang dialami.