Anak Bisa Beresiko Tinggi Alami Masalah Kesehatan Saat Dititipkan Pada Kakek Dan Nenek, Kok Bisa?

Anak Bisa Beresiko Tinggi Alami Masalah Kesehatan Saat Dititipkan Pada Kakek Dan Nenek, Kok Bisa?

Informasi Terkini – Menitipkan anak pada kakek dan nenek kerap terjadi pada masyarakat Indonesia. Hal ini biasanya disebabkan karena orang tua yang harus bekerja memenuhi kebutuhan hidup. Namun, menitipkan anak pada kakek dan nenek ternyata bisa menyebabkan anak beresiko masalah kesehatan. Selain itu, kakek ataupun nenek juga dapat mengalami masalah kesehatan tersebut.
Menurut sebuah studi diungkapkan bahwa anak-anak yang dititipkan pada kakek dan neneknya berisiko mengalami masalah kesehatan yang lebih tinggi. Studi tersebut dilakukan oleh Universitas Sorbonne.
Dalam membuktikan ungkapan penelitian tersebut, para peneliti menggunakan data perkembangan dari 1.482 orang. Mereka merupakan anak-anak yang dirawat dan diasuh oleh kakek serta nenek sejak lahir hingga usia delapan tahun.
Setelah dianalisis, anak yang dirawat oleh kakek dan nenek ini memiliki risiko mengalami masalah berat badan. Banyak kakek dan nenek yang tidak begitu memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan pada cucu mereka. Pemberian makanan manis yang berlebihan dapat membuat berat badan meningkat sehingga risiko obesitas serta diabetes.
Selain itu, saat kakek merupakan seorang perokok, hal itu bisa menjadi lebih berbahaya lagi. Apalagi, kakak yang merokok di depan cucunya dapat menyebabkan anak tersebut secara tidak langsung menjadi perokok pasif. Asap rokok juga dapat mengganggu organ pencernaan anak.
Kemudian, masalah perilaku. Karena usia yang tidak lagi muda dan mudah mengalami kelelahan saat melakukan berbagai aktivitas, terkadang kakek dan nenek yang merawat cucu membiarkannya saat menonton TV, bermain game atau bahkan bermain gadget atau ponsel. Hal ini bisa menjadikan kebiasaan buruk bagi anak itu sendiri.
Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah dengan berdiskusi antara orang tua dan kakek nenek saat mengasuh anak. Pemberian makanan bernutrisi, tidak merokok di depan anak dan memberikan jeda saat menonton TV, bermain game ataupun bermain ponsel.