Anda Kecanduan Internet? Yuk, Kembalikan Fokus Dan Kedamaian Dengan ‘Puasa’ Sehari Tanpa Internet

Anda Kecanduan Internet? Yuk, Kembalikan Fokus Dan Kedamaian Dengan 'Puasa' Sehari Tanpa Internet

Informasi Terkini – Hayo, siapa yang baru bangun tidur dan mata masih merem, tapi tangan sudah langsung mencari smartphone? Atau saat liburan bukannya menikmati suasana dan pemandangan sekitar, malah sibuk live di Facebook atau Instagram? Hidup memang jadi tidak sama lagi sejak ada internet ya, sampai banyak yang lupa caranya menikmati hidup tanpa internet dan lupa bahwa esensi kehidupan sebenarnya tidak berada di dalam layar.

Agar hidup Anda tak melulu teralihkan oleh aliran informasi yang tak terbatas di internet, coba kembalikan fokus hidup dan kedamaian hati dengan puasa digital. Jangan tertawa dulu, sehari tanpa internet bisa jadi kesempatan Anda untuk berhenti sejenak dan kembali mengingat hal penting dalam hidup. Ini alasan penting untuk mulai puasa sehari tanpa internet.

1. Efek Negatif dari Ketergantungan Internet

Berbicara tentang internet sudah pasti tak bisa lepas dari media sosial dan aplikasi chat yang Anda gunakan setiap waktu. Bila digunakan dengan benar, kedua hal ini memang jadi sarana yang efektif untuk menjalin komunikasi dengan teman dan relasi, tapi beda lagi ceritanya bila interaksi melalui internet malah menimbulkan banyak perasaan dan perilaku negatif, seperti:

– Rasa sedih dan tidak percaya diri karena membandingkan hidup Anda dengan orang lain, yang terlihat bahagia karena sering liburan dan belanja.
– Sulit untuk berkonsentrasi karena tak bisa berhenti mengecek setiap notifikasi e-mail dan aplikasi chat yang masuk.
– Sulit menabung dan menjadi lebih konsumtif karena paparan iklan produk dan gaya hidup yang bertebaran di setiap sudut internet.
– Kehilangan kemampuan berpikir kritis dan keunikan identitas diri karena tak mau ketinggalan tren yang sedang populer di internet.
– Selalu lekat dengan layar smartphone atau laptop hingga lupa menikmati suasana yang terjadi di sekitar Anda.
– Sehari tanpa internet akan memberikan Anda waktu tenang untuk mengembalikan rasa syukur terhadap semua yang sudah Anda miliki. Bukan hanya soal materi saja, tapi juga pengetahuan dan kualitas positif lain, tanpa perlu membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Anda juga jadi punya waktu lebih banyak untuk berinteraksi sepenuhnya dengan orang yang Anda sayangi di dunia nyata.

Nah, sudah siap mengurangi ketergantungan pada internet serta mengembalikan fokus hidup dan kedamaian hati dengan sehari tanpa internet?