Anggaran Untuk Asian Games Tahun Depan Tidak Akan Macet

Jakarta – Roy Suryo yang merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga telah memastikan dana olahraga untuk mempersiapkan Asian Games tahun 2014, yang tidak akan macet. Mulai bulan Januari anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah dapat cair. Diapun menambahkan kalau per 1 Januari mereka sudah mendapatkan jaminan dari Kementerian Keuangan kalau anggaran (Kemenpora) sudah dapat berjalan. Tedak seperti tahun yang lalu mereka harus menunggu hingga bulan keempat baru cair.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy juga mengatakan kalau dirinya telah melakukan pembicaraan pribadi dengan Menteri Keuangan Chatib Basri untuk dapat mengatasi masalah pengadaan peralatan yang tahun ini bisa terhambat. Dia mengatakan kalau mereka mengusahakan supaya ada tindakan yang khusus dari Kementerian Keuangan supaya kasus sebelum SEA Games tidak terjadi.

Roy juga menjelaskan, kalau beberapa kali kontingen Indonesia telah mengalami keterlambatan datangnya peralatan. Selain dengan memastikan anggaran tidak macet, Kemenpora juga sudah memastikan diberikannya bonus pada atlet peraih medali. Djoko mengatakan kalau besarnya sama dengan SEA Games pada tahun 2011. SEA Games 2011 yang lalu, peraih emas telah mendapatkan bonus sebesar Rp 200 juta, perak 50 juta, serta perunggu, 30 juta.

Roy juga mengatakan kalau anggaran untuk Asian Games tersebut besarnya Rp 250 miliar. Sedang untuk anggaran penghargaan mereka perjuangkan dapat mencapai Rp 50 miliar.