Apa Sih Bedanya Tabir Surya Fisik Dan Kimia?

Dalam rangkaian produk perawatan kulit, tabir surya merupakan produk wajib yang harus digunakan ketika beraktivitas di luar rumah. Nah, banyak sekalian produk tabir surya yang bisa digunakan dan ada jenisnya, yaitu kimia dan fisik. Apa sih perbedaannya?

Tabir surya fisik (juga disebut tabir surya mineral) merupakan produk yang dapat melindungi kulit dengan cara mencegah paparan sinar ultraviolet. Tabir surya ini akan berada di atas kulit sehingga memiliki lapisan yang berguna sebagai proteksi tersebut. Dalam produk ini terdapat kandungan mineral aktif yang membantunya untuk mendapatkan manfaat tersebut, seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

Adanya kandungan tersebut dapat melindungi kulit dengan baik dari UV A dan UV B.

Sedangkan, tabir surya kimia ini cukup berbeda. Fungsinya memang sama sebagai proteksi kulit, namun pada produk ini hanya dapat melindungi kulit dari UV B. Saat diaplikasikan pun, pemakaian tabir surya kimia ini tidak menimbulkan lapisan baru akan tetapi menyerap ke dalam kulit.

Bahan kandungan yang ada dalam tabir surya kimia ini merupakan kombinasi dari senyawa organik, seperti oxybenzone, octinoxate, avobenzone, octisalate, octocrylene, dan homosalate. Kandungan inilah yang akan menyerap sinar UV dan membuatnya bereaksi lalu diubah menjadi panas dan pada akhirnya dilepaskan dari kulit.

Perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya adalah tabir surya fisik tidak memiliki waktu tunggu, sementara tabir surya kimia setidaknya memerlukan waktu 20 menit untuk benar-benar menyerap di dalam kulit. Sementara itu, tabir surya juga akan meninggalkan bekas putih di kulit setelah diaplikasikan.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya!