Apakah Terapi Akupuntur Aman Untuk Kesehatan?

Apakah Terapi Akupuntur Aman Untuk Kesehatan?

Informasi Terkini – Dari berbagai pengobatan alternatif yang ada, akupuntur masih jadi salah satu yang paling populer. Praktik pengobatan tradisional asal Cina yang telah berlangsung sejak berabad-abad lalu ini melibatkan jarum sebagai alat utamanya. Meskipun terkesan menyeramkan, nyatanya masih banyak orang yang memilih terapi akupuntur sebagai solusi dari permasalahan yang dialami. Lantas, apa saja sih manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh akupuntur? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

1. Akupuntur dari Segi Kesehatan

Jika dibandingkan dengan terapi untuk menghilangkan rasa sakit lainnya, terapi akupuntur dipercaya memiliki efektivitas hasil yang setara. Dengan efek samping yang jauh lebih minim dan bebas toxic, terapi akupuntur pun dianggap jauh lebih unggul. Apalagi, terdapat lebih dari 1000 titik akupuntur, sehingga pasien pun dapat memilih area akupuntur sesuai kebutuhan yang lebih spesifik. Namun, sebagaimana terapi kesehatan lainnya, akupuntur juga tetap memiliki beberapa risiko.

Dilansir dari News Medical Life Sciences, dari 10.000 terapi yang dilakukan, dilaporkan ada 671 kasus risiko umum yang terjadi. Beberapa risiko yang mungkin terjadi meliputi rasa sakit, pendarahan, memar, mual, alergi, dan infeksi. Namun, berdasarkan laporan di Scientific Reports, tercatat pula beberapa kasus risiko serius pada terapi akupuntur, seperti kerusakan jaringan syaraf dan darah, komplikasi dari jarum yang patah atau tertinggal, organ yang tertusuk, dengan beberapa kasus lainnya yang berujung pada kematian.

Walaupun terapi akupuntur memiliki risiko umum dan serius, perlu Anda ketahui bahwa risiko umum tersebut tidak serius dan hanya sementara (rasa sakit, memar, mual, dan sebagainya), sedangkan risiko yang serius tidak umum terjadi. Berdasarkan hasil studi dari National Library of Medicine, akupuntur dinilai aman apabila dilakukan oleh seseorang yang ahli. Untuk meminimalisir risiko dari terapi akupuntur, pastikan Anda melakukan terapi tersebut pada tempat praktik yang terpercaya, profesional, dan bersih.

2. Manfaat Terapi Akupuntur untuk Kesehatan

Sayangnya, berdasarkan studi dari National Library of Medicine disebutkan bahwa walaupun terapi akupuntur dinilai aman, tidak terdapat pula banyak bukti bahwa terapi akupuntur memiliki manfaat signifikan untuk kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, jika dipraktikkan dengan benar dan dikombinasikan dengan beberapa perawatan lainnya, terapi akupuntur dapat membantu mengatasi rasa sakit mulai dari nyeri punggung dan persendian. Beberapa sumber lainnya juga menyebutkan bahwa terapi akupuntur dapat membantu:

– Mengurangi stres,
– Mengurangi sakit kepala dan migrain,
– Mengurangi otot kaku,
– Meningkatkan imun tubuh,
– Meredakan masalah pencernaan, hingga
– Mengurangi keinginan untuk merokok.

Nah, itulah beberapa risiko terapi akupuntur dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Again, walaupun dinilai aman, apabila berencana untuk mencoba terapi akupuntur, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya, ya! Selain itu, lakukanlah akupuntur di tempat yang aman terpercaya.