Apasih Penyebab Eyeliner Sering Luntur?

Setiap wanita yang bermakeup pasti tidak meninggalkan memakai eyeliner, yup. Eyeliner seringkali mengalami masalah kelunturan di siang hari. Tentunya menjadi masalah dong! Nah, umumnya eyeliner yang luntur akan menyebabkan kotornya area bawah mata dan bagian kelopak atau dibagian eyeshadow, bisajuga dibagian mascara. Tidak jarang sampai area bawah mata yang terlalu menghitam karena eyeliner yang luntur.
Nah, pasti timbul pertanyaan kenapa sih eyeliner luntur? Padahal kan memakai eyeliner yang matte? Harusnya tahan lama dong? Untuk mengetahui beberapa penyebab eyeliner luntur, Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Tidak memakai base makeup

Perlu di ketahui bahwa memakai base makeup itu penting lho ladies. Apasih base makeup itu? Ya primer! Yup. Primer tak hanya digunakan di bagian wajah, tapi kelopak mata juga lho! Fungsinya apa? Fungsinya adalah agar makeup mata menempel lebih lama dan lebih sempurna. Tak hanya untuk eyeshadow namun juga untuk eyeliner. Sebelum bermakeup, maka jangan lupa gunakan primer terlebih dahulu ya ladies.

2. Formula eyeliner yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Selain primer, concealer, dan foundation. Formula eyeliner juga harus diperiksa dulu lo ladies. Sekarang ini sudah ada formula eyeliner yang waterproof atau bahasa lainnya tahan air. Ya tapi yang dimaskud tahan air tidak selalu kalau lama-lama kena airtidak luntur yap. Ada batasan tertentu untuk makeup waterproof. Nah, bagi kamu yang suka bermakeup agar tahan lama, sebaiknya pilih eyeliner yang mengandung klaim bahwa eyeliner tersebut waterpfoor, agar tidak luntur dan mengotori makeup bawah mata kamu.

3. Salah urutan bermakeup

Seringkali masih timbul pertanyaan, mana yang lebih dulu? Mascara dulu atau eyeliner dulu? Malah, terkadang kita menerapkan kebiasaan makeup yang salah. Contohnya, mejepit bulu mata lalu memakai mascara dan step terakhir baru mengaplikasikan eyeliner. Step tersebut salah. Terkadang juga memakai eyeliner dahulu, baru menjepit bulu mata. Nah, lalu bagaimana agar aman?

Sebaiknya gunakan penjepit mata terlebih dahulu tanpa memakaikan mascara. Selanjutnya aplikasikan eyeliner, nah tunggu eyeliner kering dahulu baru mengaplikasikan mascara. Karena kalau eyelinerbelum kering takut akan luntur ke kelopak mata dan ke area bawah mata.

4. Penggunaan pelembab yang terlalu banyak

Tak hanya pelembab, ternyata penggunaan eye cream yang terlalu banyak dapat memnyebabkan hidrasi yang too much. Sehingga menggunakan eyeliner dipagi hari dapat menyebabkan kelunturan. Jadi, sebaiknya apabila menggunakan pelembab atau aloe vera gel atau eye cream secukupnya saja di malam hari. agar tampilan makeup tetap sempurna di pagi hari.