Aturan Dalam Merawat Kulit Bagi Remaja Dari Huda Kattan

Aturan Dalam Merawat Kulit Bagi Remaja Dari Huda Kattan

Informasi Terkini – Menjadi remaja memang bukan perkara mudah. Tidak hanya harus bergelut dengan keseharian sebagai pelajar yang penuh dengan tugas, kegiatan ekstrakurikuler, hingga hubungan pertemanan yang penuh lika-liku, remaja juga kerap kali merasa tertekan karena penampilan yang dianggap buruk oleh lingkungan sosial, terutama di sekolah. Pernahkah Anda merasa seperti itu? Jika iya, Huda Kattan, pendiri Huda Beauty juga menuturkan hal yang serupa. Wanita keturunan Irak-Amerika ini, tampak sangat memahami kebutuhan para remaja. Untuk membantu Anda yang memiliki keluhan kulit, Huda bahkan berkonsultasi dengan beberapa pakar untuk menyusun aturan merawat kulit bagi remaja.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menjaga kesehatan kulit adalah dengan memahami bagaimana kulit bekerja dan apa saja masalah yang ia hadapi setiap hari. Masalah kulit paling umum yang biasanya dialami disebabkan oleh masa puber. Pubertas dapat mempengaruhi hormon sehingga kulit jadi jauh lebih berminyak dari seharusnya. Produksi sebum yang berlebihan dapat mengarah pada breakout, kulit kusam, pori-pori tersumbat, hingga jerawat. Maka dari itu fokus dari perawatan kulit bagi remaja adalah penyeimbangan kondisi kulit dan mengontrol produksi minyak.

1. Memprioritaskan cleansing

Kondisi kulit remaja rentan terhadap paparan kotoran dan zat radikal bebas lainnya, untuk itu proses membersihkan kulit setelah beraktivitas seharian penuh, wajib hukumnya. Membersihkan wajah dengan teliti dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Tak hanya membersihkan dengan sabun pembersih wajah, melakukan double cleansingakan lebih efektif untuk menanggalkan berbagai polusi yang terperangkap di pori-pori wajah Anda. Untuk pembersih pertama, Anda bisa memilih untuk menggunakan first cleanser berbahan dasar minyak. Setelah menggunakan first cleanser Anda bisa melanjutkan dengan cleansing wash yang sesuai dengan permasalahan dan jenis kulit.

2. Seimbangkan kadar hidrasi pada kulit

Selain membersihkan dengan komplit, wajah Anda membutuhkan hidrasi yang cukup. Tak hanya melalui konsumsi air, kulit juga bisa mempertahankan kadar air di dalam dirinya dengan mengaplikasikan produk topikal. Jika Anda memiliki masalah dengan blackheadsmaka COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner bisa menjadi salah satu alternatif pilihan toner. Cocok untuk kulit yang rentan dengan jerawat, toner ini tak hanya mampu mengangkat komedo dan sel-sel kulit mati tapi juga menghaluskan tekstur kulit.

3. Eksfoliasi mingguan

Menurut dr. Jessica Wu, dermatologis yang juga mendirikan Jessica Wu Cosmeceuticals, menjaga agar kulit tereksfoliasi dengan baik adalah salah satu cara menjaga agar pori-pori kulit tidak tersumbat oleh kotoran yang menumpuk. Cukup dilakukan dengan frekuensi mingguan, ia menyarankan untuk menggunakan eksfoliator yang mengandung clay dan tidak mengandung scrub yang kasar untuk menghindari breakout pada kulit.

4. Menjaga kelembapan wajah

Meski memiliki produksi minyak berlebih pada wajah, bukan berarti Anda bisa melompati step pelembap dalam skin care routine. Justru dengan rutin mengaplikasikan pelembap di pagi dan malam hari, Anda bisa mencegah kulit mengalami dehidrasi. Hal ini justru akan menambah masalah sekaligus mendorong produksi sebum yang lebih banyak lagi.

5. Proteksi dari bahaya sinar UV

Setelah keseluruhan rutinitas perawatan kulit dilakukan, bukankah akan sia-sia jika Anda tidak melindungi kulit di siang hari? Yup, menggunakan sunscreen juga menjadi salah satu kewajiban Anda dalam merawat kulit. dr. Timm Golüeke, kepala dermatologis sekaligus pendiri klinik dr. Golüeke di Munich membeberkan pada tim Huda Beauty bahwa penggunaan SPF setiap hari dapat menolong kulit saat jerawat mulai sembuh karena ia akan mengurangi risiko hiperpigmentasi pada lapisan kulit. Untuk perlindungan ekstra dari polusi dan radikal bebas, Anda dapat mencoba Nuxe White Daily UV Cream di Sociolla, serta manfaatkan promonya untuk mendapatkan harga lebih terjangkau