Bahanyanya Sering Tertidur Dengan Gadget Di Dekat Anda!

Bahanyanya Sering Tertidur Dengan Gadget Di Dekat Anda!

Informasi Terkini – Smartphone sekarang mungkin sudah menjadi barang wajib yang hampir selalu menemani aktivitas Anda sepanjang hari. Bahkan, ada beberapa orang yang kadang menjadi susah atau tak bisa tidur kalau tidak main gadget dulu. Namun, tahukah Anda? Kalau sering tertidur dengan gadget di dekat Anda punya dampak yang tak baik, dan justru bisa memicu berbagai masalah. Yuk, cari tahu apa saja sih bahayanya bila terlalu sering tertidur dengan gadget di artikel ini.

1. Mengganggu Kualitas Tidur

Bila tertidur dengan gadget, terutama smartphone, di samping tempat tidur, Anda sebenarnya menjadi sulit untuk terlelap lho. Sinar biru yang dipancarkan smartphone memang memicu hormon tertentu yang membuat Anda jadi lebih terjaga. Kalaupun akhirnya bisa tertidur, ada kemungkinan seluruh badan menjadi sakit dan terasa begitu lelah begitu bangun keesokan paginya. Apa alasannya? Saat tidur, gadget akan membuat Anda mudah terbangun. Bukan apa-apa, bunyi notifikasinya bisa sangat mengganggu. Kalau Anda sampai terbangun, otak Anda mau tak mau juga ikut

2. Memicu Kebakaran

Jangan remehkan panas yang dikeluarkan oleh smartphone. Apalagi bila Anda meletakkan smartphone di bawah bantal atau tertutup selimut misalnya, hal ini justru akan membuat smartphone mengeluarkan panas yang lebih tinggi. Peningkatan suhu ini pada akhirnya mampu memicu korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran. Meletakkan gadget di dekat atau di bawah bantal mungkin Anda lakukan untuk menggunakannya sebagai alarm, namun hentikan kebiasaan ini karena ada bahaya yang mengancam.

3. Berisiko Memicu Masalah Kesehatan

Smartphone yang Anda gunakan saat ini memang mengeluarkan radiasi elektromagnetik dan hal inilah yang dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Menurut penelitian, radiasi ini berpengaruh pada fungsi otak dalam mengelola stres sehingga bisa mengganggu fungsi metabolisme tubuh. Fungsi yang terganggu ini bisa menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Radiasi yang dihasilkan cukup kecil dan tidak secara langsung bisa dirasakan sih. Namun, jika tubuh terpapar radiasi terus menerus, lambat laun risiko lain yang juga berbahaya bisa saja menimpa Anda, seperti meningkatnya risiko kanker.

Nah, masih ingin tidur bareng gadget di dekat Anda?