Bantuan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meringankan Perasaan Teman Yang Memiliki Gangguan Kecemasan

Bantuan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meringankan Perasaan Teman Yang Memiliki Gangguan Kecemasan

Informasi Terkini – 1. Menjadi pendengar yang baik

Sebenarnya yang paling dibutuhkan orang-orang dengan gangguan kecemasan adalah orang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Memang sih, terkadang pengidapnya sering mengulang-ulang cerita, namun sebagai teman terdekatnya, Anda hanya perlu mendengarkannya dengan baik. Jika perlu, Anda bisa menyarankannya mengunjungi spesialis untuk mengurangi gangguan kecemasannya.

2. Jangan menghakimi

Bisa jadi Anda akan terkejut dengan cerita-cerita yang dituturkan oleh teman Anda. Tapi, cobalah untuk menahan rasa terkejut Anda dan menyimak setiap pernyataannya. Jangan sampai komentar dari Anda malah membuatnya jadi enggan untuk bercerita lebih lanjut dan membuatnya malah semakin tertekan.

3. Ajak hangout supaya perasaannya lebih ringan

Sebagai pergantian suasana, orang-orang yang mengidap gangguan kecemasan butuh keluar rumah. Terkadang, gangguan kecemasan yang dialaminya membuatnya malas keluar rumah dan bertemu orang-orang baru. Di sinilah tugas Anda untuk mengajaknya keluar untuk membuatnya bisa bersosialisasi dengan orang lain. Anda bisa mengajaknya mengunjungi coffee shop baru atau bergabung dengan komunitas supaya dia bisa melupakan beban yang dialaminya.

4. Tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk meringankan perasaan mereka

Jangan pernah bosan untuk menanyakan apa yang bisa Anda bantu untuk meringankan perasaan mereka. Perhatian yang Anda berikan bisa menjadi penenang untuknya. Tanyakan apa yang membuat mereka cemas dan apa yang bisa Anda lakukan untuknya.

5. Take actions!

Walaupun begitu, hanya mendengarkan tidak akan membantu teman Anda melawan gangguan kecemasannya. Anda perlu pelan-pelan memberikan dorongan agar dia mau take actions agar gangguan kecemasannya bisa teratasi. Tentunya ini tidak bisa serta merta dilakukan dalam sekali saja, Anda perlu secara bertahap memberikan dukungan untuknya. Kalau perlu, Anda menemaninya setiap kali dia mengunjungi psikolog.