Baru Memulai Bisnis? Ada Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Merekrut Karyawan Pertama

Baru Memulai Bisnis? Ada Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Merekrut Karyawan Pertama

Informasi Terkini – Sebagai entrepreneur pemula, tentu Anda memiliki harapan agar bisnis yang Anda jalani berkembang dengan baik. Selain perencanaan yang matang, Anda juga harus jeli dalam memilih tim yang dapat membangun bisnis dan mewujudkan visi Anda. Dengan ketatnya persaingan bisnis dan pergeseran tren yang cepat, Anda mau tak mau memiliki tim yang sama dinamisnya. Karena itu, jangan hanya melihat background pendidikan dari kandidat Anda, karena beberapa hal ini juga layak menjadi pertimbangan demi kemajuan bisnis yang sedang dibangun.

1. Kesamaan passion

Mau baru lulus atau berpengalaman, hal ini bisa menentukan kegigihannya untuk ikut berjuang bersama Anda dalam membangun bisnis. Banyak karyawan yang unggul dalam pengalaman, namun belum tentu punya passion yang sama dengan Anda. Ada yang memang tertarik dengan bisnis Anda karena sekadar pernah bekerja di bidang yang sama. Ada juga yang memang melamar karena tipe jabatan tanpa mendalami visi bisnis Anda. Hal ini bisa lebih dikorek dalam wawancara.

2. Kecocokan kepribadian

Kalau baru memulai bisnis, skala perusahaan Anda mungkin cenderung kecil atau menengah. Anda juga akan membutuhkan orang yang dipercaya untuk merencanakan dan menangani proyek penting. Karena itu, Anda perlu ‘klik’ dengan karyawan pertama yang akan direkrut. Layaknya membangun rumah tangga, Anda perlu chemistry yang tepat. Selama Anda menyimpan rasa tidak sreg pada karyawan Anda, skill yang bagus pun akan kurang bermanfaat.

3. Kesempatan untuk saling belajar

Meski Anda mungkin sudah belasan tahun bekerja di bidang yang sama, namun Anda akan masuk dalam kategori pemula ketika membuka bisnis sendiri. Anda mungkin punya modal dan kemampuan, tapi dibutuhkan bantuan dari banyak ‘kepala’ agar bisa memahami dan melihat tren di bidang Anda dengan lebih baik. Ketika memutuskan merekrut karyawan, lihat juga kelebihan dari calon karyawan ini agar Anda bisa mempelajari sesuatu dari mereka dan begitu juga sebaliknya. Jangan juga melihat dari segi umur. Meski lebih muda, jika dia punya kemampuan yang tidak Anda miliki dan bermanfaat bagi bisnis Anda, mengapa tidak? Hubungan pekerjaan yang bersifat simbiosis mutualisme bisa mendatangkan manfaat berlipat untuk bisnis Anda.

4. Potensi untuk berkembang

Sebagai pemilik bisnis yang juga mengelola tim, kemampuan Anda untuk melihat potensi calon karyawan sangat dibutuhkan. Dari CV, portofolio, hingga wawancara, Anda bisa melihat hal ini. Potensi seseorang bisa dinilai dari kombinasi skill dan passion. Sebagai pemilik bisnis, Anda punya kendali untuk menempatkannya pada posisi tertentu agar kandidat ini bisa berkembang. Hal ini juga melatih kemampuan Anda untuk berpikir jangka panjang.

5. Punya koneksi luas

Hal ini sangat berguna jika Anda juga masih mencari orang-orang yang tepat untuk mengisi tim. Jika Anda merekrutnya, karyawan ini sudah paham dengan budaya perusahaan dan hal-hal yang Anda butuhkan untuk perkembangan bisnis. Dengan kata lain, kandidat ini juga harus mampu membantu dan bekerja sama menjadi pondasi kuat bagi bisnis pertama Anda.