Basmi Komedo Hitam Dengan Cara Alami Ini, Yuk!

Basmi Komedo Hitam Dengan Cara Alami Ini, Yuk!

Informasi Terkini – Komedo hitam yang sering muncul di T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu, membuat kita jadi kesal, bukan? Ketika mengetahui adanya komedo yang muncul kita pun ingin memencet hingga komedo itu keluar dan menghilang. Namun, cara ini ternyata tidak boleh dilakukan, lho. Sebab, memencet komedo bisa menyebabkan pori-pori semakin membesar.
Selain itu, banyak juga produk kecantikan yang menjanjikan untuk menghilangkan komedo. Namun, kebanyakan produk ini belum tentu cocok digunakan oleh setiap orang. Sebab, sering ditemui produk kecantikan menyebabkan efek samping pada wajah.
Tapi, jangan khawatir. Ada cara alamiah yang bisa digunakan untuk membasmi komedo hitam. Beberapa caranya adalah:
1. Rajin cuci muka
Cuci muka dapat menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di wajah. Dengan begitu, kotoran ini tidak akan membekas menjadi komedo. Anda bisa mencuci wajah setidaknya dua kali sehari.
2. Rutin eksfoliasi
Eksfoliasi atau pengelupasan pada sel-sel kulit mati juga bisa mengangkat kotoran dan komedo yang menempel. Usahakan untuk rutin melakukan eksfoliasi dengan masker atau produk yang cocok seminggu sekali.
3. Gunakan sea salt
Sea salt atau garam laut dapat mengatasi komedo hitam yang seringkali muncul di T-zone. Anda bisa menggunakan campuran garam laut dengan beberapa tetes perasan lemon dan usapkan pada area yang berkomedo.
4. Pakai strip komedo dari susu dan madu
Campuran antara susu dan madu bisa mengatasi komedo yang membandel. Gunakan campuran ini hingga berbentu pasta dan masukkan ke dalam microwave beberapa saat dan dinginkan. Ketika sudah dingin, celupkan strip kapas ke dalam campuran ini dan oleskan pada area yang berkomedo. Tunggu sekitar 20 menit dan bersihkan.
5. Gunakan tabir surya bebas minyak
Kita disarankan untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivita di luar ruangan. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi kulit dari bahayanya sinar ultraviolet. Tapi, bagi Anda yang bermasalah para komedo, Anda bisa menggunakan tabir surya yang tak mengandung minyak agar tidak menyumbat pori-pori wajah.
6. Gel lidah buaya
Gel lidah buaya memiliki manfaat yang beragam, salah satunya mengatasi komedo. Cara yang bisa Anda gunakan juga sangat sederhana. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area yang sering ditemui komedo dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
7. Masker putih telur
Tak hanya mengencangkan kulit, masker putih telur juga bisa mengatasi komedo. Anda hanya perlu satu putih telur dan tisu. Lalu, letakkan tisu pada bagian yang ingin dibersihkan dari komedo dan oleskan putih telur di atas tidur menggunakan kuas. Tunggu hingga kering, kemudian lepaskan tisu dan bersihkan. Gunakan masker ini secara rutin, komedo membandel pun akan lenyap.
8. Konsumsi vitamin C
Vitamin C dapat memberikan nutrisi dan menjaga kulit kita tetap sehat. Untuk itu, mulailah konsumsi makanan dengan vitamin C, seperti sayuran hijau, dan jeruk.