Beberapa Alasan Kenapa Anda Perlu Melakukan Goal-Setting

Beberapa Alasan Kenapa Anda Perlu Melakukan Goal-Setting

Informasi Terkini – Mulai dari bangku pendidikan hingga di dunia kerja, mungkin Anda sudah cukup ‘kenyang’ diingatkan betapa pentingnya untuk memiliki gol dan menyusun rencana demi mencapai tujuan-tujuan tersebut. Penyusunan rencana yang kerap disebut goal-setting ini biasanya meliputi beberapa pertanyaan: Anda ingin menjadi apa, apa yang ingin Anda lakukan, serta langkah apa saja yang harus Anda ambil untuk mencapai titik tersebut. Membuat resolusi tahun baru juga bisa disebut sebagai goal-setting, lho. Kira-kira, faktor apa sih yang membuat goal-setting jadi begitu penting? Yuk, simak di sini!

1. Memberikan arahan

Yup, tanpa adanya gol spesifik, bukan tidak mungkin kalau Anda merasa ‘hilang arah’ dalam menjalani hari. Habisnya, tidak tahu apa yang mau dicapai, sih! Dengan melakukan goal-setting, Anda akan memiliki tujuan jelas, sehingga Anda dapat mengambil keputusan atau beraktivitas sehari-hari dengan arah yang sejalan dengan tujuan tersebut dan tidak lagi bingung.

2. Fokus lebih jelas pada apa yang diinginkan

Kalau istilah akrabnya, dengan melakukan goal-setting secara otomatis Anda akan memakai ‘kacamata kuda’. Dalam pembuatan goal-setting, Anda akan mendapat arahan lebih jelas hal-hal apa yang menjadi prioritas dan tidak, sehingga Anda pun bisa lebih memusatkan fokus dan perhatian pada hal yang penting. Untuk Anda yang cukup sering terdistraksi dan hilang fokus, penting sekali, nih, untuk melakukan goal-setting!

3. Memberikan kontrol lebih akan masa depan

Jika tujuan Anda adalah memiliki bisnis sendiri yang bisa dijadikan penghasilan utama, mungkin Anda telah memasukkan beberapa rencana seperti mengambil studi bisnis, mengikuti program magang di perusahaan startup, atau melakukan riset dalam goal-setting. Nah, langkah-langkah tentunya akan berkontribusi pada masa depan Anda nantinya. Menyusun rencana dengan goal-setting juga bisa meminimalisir penyesalan di masa depan seperti rasa sesal karena tidak mengambil sebuah keputusan tertentu yang ternyata memberi pengaruh besar pada kesuksesan usaha Anda.

4. Menambah motivasi

Pernah merasa excited dan termotivasi saat menyusun rencana liburan (walau akhirnya hanya wacana ?) bersama para sahabat? Nah, sama halnya dengan rencana liburan bersama para sahabat di mana ‘liburan’ menjadi golnya, menyusun rencana masa depan pun akan membuat Anda merasa semakin termotivasi. Kuncinya adalah dengan memecah rencana jangka panjang Anda menjadi banyak rencana jangka pendek. Dengan goals jangka pendek yang tidak terlalu mengintimidasi dan membuat Anda menyerah di awal, Anda pun akan merasa lebih termotivasi untuk mencapainya.

5. Memberikan rasa puas

Terkadang, Anda kerap tidak sadar sudah seberapa jauh melangkah maju. Baik dalam karir, kehidupan, maupun aspek hidup lainnya. Alhasil, Anda pun merasa hidup flat. Padahal, jika Anda membuat goal-setting dengan berbagai tujuan jangka pendek maupun panjang, Anda mungkin akan menyadari bahwa banyak hal yang sudah berhasil dicapai. Apalagi, saat Anda berhasil mencapai atau memenuhi salah satu gol, pasti akan ada rasa puas sekaligus bangga pada pencapaian tersebut.