Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Ditambahkan Pada Secangkir Teh Untuk Memberi Manfaat Bagi Kesehatan

Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Ditambahkan Pada Secangkir Teh Untuk Memberi Manfaat Bagi Kesehatan

Informasi Terkini – Dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, kegiatan mengonsumsi teh jadi salah satu kebiasaan yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Selain memiliki kandungan antioksidan, vitamin A dan K, teh juga diketahui bersifat antijamur dan antibakteri. Namun meski ada banyak manfaat baik, terlalu sering meminum teh bisa menimbulkan rasa bosan, untuk itu, Anda perlu sedikit berkeasi untuk menciptakan sensasi rasa berbeda setiap kali mengonsumsi teh. Dibandingkan mencampur teh dengan gula atau susu, yuk coba tambahkan berbagai bahan berikut untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik bagi tubuh.

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan yang paling umum dicampurkan dengan teh. Menjadi sumber karbohidrat yang baik, madu dapat memberikan rasa manis pada teh tanpa memengaruhi kadar glukosa dan insulin. Campuran teh dan madu juga disebut dapat mengurangi gejala flu dan pilek.

Kandungan madu dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, juga memberi efek meredakan kram perut saat menstruasi. Minum teh panas dengan madu dapat membantu meredakan laringitis, karena penggabungan madu dan teh akan melembapkan pita suara. Kombinasi dua bahan ini juga membantu penurunan berat badan, membersihkan kulit, meredakan peradangan, dan menjadi sumber Vitamin B yang baik.

2. Daun mint

Dikenal sebagai bahan yang mampu memberikan sensasi segar secara alami, daun mint juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran minuman teh. Kandungan rosmarinic acid yang ada pada daun mint berfungsi sebagai antioksidan alami serta anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan flu ringan serta alergi.

Dikutip dari boldsky, berdasarkan International Breastfeeding Journal mengonsumsi daun mint diketahui mampu mencegah rasa nyeri pada puting, terutama bagi ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Selain itu, bagi Anda yang sering mengalami sulit tidur, campuran teh dan daun mint juga mampu membuat tubuh jadi lebih rileks sehingga kualitas tidur jadi lebih terjaga. Untuk mendapatkan manfaat baiknya, Anda bisa memanfaatkan sejumput daun mint, lalu hancurkan hingga ukurannya menjadi kecil, masukan dalam cangkir, lalu tuangkan teh panas. Cara ini banyak digunakan terutama bagi Anda yang kurang suka dengan aroma mint yang kuat.

3. Kayu Manis

Memasukkan kayu manis ke dalam teh tidak hanya menambah aroma yang menenangkan tetapi juga meningkatkan manfaat kesehatannya. Kombinasi kayu manis dan teh diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh mengurangi kram menstruasi mengatasi peradangan hingga meredakan flu ringan. Selain itu kandungan polifenol di dalam kayu manis dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, yaitu kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas.

Untuk satu cangkir teh, Anda bisa menambahkan satu batang kayu manis dan didihkan dalam air selama 15-20 menit. lalu masukan air ke dalam cangkir untuk dikonsumsi. Lalu masukan kembali satu batang kayu manis dan sebuah kantong teh, diamkan selama beberapa menit lalu angkat kantong teh dan kayu manis. Anda tak perlu menambahkan pemanis, mengingat campuran ini akan menghasilkan rasa manis yang alami.

4. Jahe

Manfaat kesehatan dari jahe dan kombinasinya dengan teh dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang diperlukan, menghilangkan sakit perut dan sindrom iritasi usus, melawan kanker, meningkatkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi tubuh terhadap penyakit alzheimer. Kehadiran senyawa seperti hogaol, paradol, zingerone dan terutama gingerol diketahui turut membantu tubuh dalam melawan peradangan kronis yang telah ditemukan menjadi akar penyebab diabetes, kanker dan penyakit jantung. Selain itu mengonsumsi teh jahe juga diketahui baik terutama bagi ibu hamil. Untuk mengonsumsi jahe dan teh Anda bisa memarut 2 buah jahe, masukan ke dalam air dan didihkan, lalu campur dengan teh.

5. Lemon

Kombinasi lemon dan madu bisa jadi merupakan salah satu campuran paling umum yang dikonsumsi banyak orang. Dua bahan alami ini memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu detoksifikasi dan bantu mencegah infeksi dan flu. Menambahkan lemon ke dalam teh juga memiliki manfaat bagi sistem kardiovaskular karena arteri lebih rilekssehingga darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Asam sitrat dalam lemon juga turut meningkatkan kesehatan pencernaan. Anda bisa mencampurkan air perasan 1 buah lemon dalam secangkir teh dan tambahkan madu untuk memberi rasa manis.