Beberapa Barang Yang Sebaiknya Tidak Anda Simpan Di Dalam Kamar Mandi

Beberapa Barang Yang Sebaiknya Tidak Anda Simpan Di Dalam Kamar Mandi

Informasi Terkini – Menciptakan lebih banyak ruang untuk area penyimpanan barang di kamar mandi, sepertinya menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihindari. Selain faktor praktis, menyimpan barang di kamar mandi cukup membantu saat Anda tiba-tiba membutuhkan barang tertentu dan malas kalau harus keluar dari kamar mandi. Barang yang tersimpan di kamar mandi biasanya diletakkan dekat tempat pancuran, toilet, maupun kabinet. Sebut saja benda-benda seperti sikat gigi, handuk, dan pisau cukur. Meski jadi benda yang jamak ditemukan dalam kamar mandi, tapi faktanya kebiasaan menyimpan beberapa perlengkapan mandi di dalam kamar mandi bisa merusak atau mengurangi manfaat benda tersebut. Nah, untuk tahu alasan lengkapnya coba simak artikel di bawah ini, yuk!

1. Sikat gigi

Sebuah studi dari Manchaster University di Inggris menemukan bahwa sikat gigi Anda mungkin menampung lebih dari 10 juta bakteri dan sebagian besar berasal dari kotoran yang disemprotkan ke seluruh ruangan setiap kali Anda menyiram toilet. Agar sikat gigi terbebas dari kuman, bilas dan keringkan dengan air setiap kali habis digunakan. Jika Anda masih memilih untuk menyimpannya di dekat toilet, tutuplah toilet terlebih dahulu sebelum menyiramnya.

2. Obat-obatan

Menurut U.S. National Library of Medicine, menyimpan obat-obatan di kamar mandi dapat mengurangi khasiat dan mempercepat tanggal kadaluwarsa obat itu sendiri. Sebaiknya obat-obatan dan vitamin harus disimpan pada suhu ruangan antara 25-30 derajat selsius.

3. Persediaan handuk bersih

Kamar mandi merupakan salah satu tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur dan handuk adalah barang yang sangat rentan terhadap jamur. Maka itu, sebaiknya hindari menyimpan handuk bersih di kamar mandi agar kualitasnya tetap bersih lebih lama. Pastikan untuk menggantung handuk yang sedang digunakan seperti di bar tirai kamar mandi atau di belakang pintu agar benar-benar kering dan tidak menjadi tempat tumbuhnya jamur.

4. Loofahs

Loofahs memang berguna untuk membersihkan kulit saat mandi dengan lembut. Namun jika Anda menyimpannya di kamar mandi, tepatnya di bawah pancuran air, justru hal ini akan membuatnya menjadi lembap dan menimbulkan bakteri. Cara terbaik untuk menyimpan loofahs adalah mengeringkannya terlebih dahulu setelah digunakan dan simpanlah di tempat yang jauh dari pancuran air.

5. Pisau cukur

Mungkin banyak dari Anda yang berpikir, kalau kamar mandi adalah tempat paling ideal untuk menyimpan pisau cukur. Namun kenyataanya, menyimpan pisau cukur di kamar mandi dapat menimbulkan risiko berkarat pada bagian pisau. Tapi tenang dulu, Anda masih bisa menyimpannya di kamar mandi dengan catatan sudah lebih dulu mengeringkannya setelah digunakan, lalu simpan di tempat lain selain dekat pancuran air. Selain itu, menyimpan pisau cukur dalam keadaan kering juga membantu membuatnya lebih tahan lama, lho.