Beberapa Cara Mengatasi Krisis Kepercayaan Dalam Hubungan

Beberapa Cara Mengatasi Krisis Kepercayaan Dalam Hubungan

Informasi Terkini – Memiliki masalah kepercayaan tak serta merta menjadi tanda bahwa Anda tak bisa memiliki hubungan lagi dengan siapapun. Bahkan ketika Anda dalam suatu hubungan, baik pacaran atau pernikahan, masalah kepercayaan bisa hadir mengganggu pikiran. Alasannya beragam, bisa karena komitmen yang dipatahkan ataupun karena hadirnya orang ke tiga. Padahal, kepercayaan termasuk pondasi utama dalam sebuah hubungan. Tak perlu khawatir, berikut ini lima cara mengatasi krisis kepercayaan dalam hubungan Anda.

1. Jujur Terhadap Diri Sendiri

Sebelum berpikir untuk menyelesaikan krisis kepercayaan ini, pastikan untuk mengetahui kenapa Anda bisa tidak percaya pada pasangan. Apakah karena masa lalu yang menyakitkan, atau karena pasangan yang banyak membuat kesalahan. Bisa jadi, ketika Anda percaya, justru pasangan lah yang membuat kesalahan. Pikirkan kembali apakah Anda juga melakukan hal sama yang pernah menyakitinya? Pastikan untuk introspeksi diri dan memahami penyebab krisis kepercayaan ini menjangkiti Anda sebelum membicarakannya ke pasangan atau sebelum mengambil keputusan.

2. Berdamai dengan Masa Lalu

Pada sebagian kasus, masalah kepercayaan berasal dari kejadian masa lalu yang menyakitkan sehingga terbawa pada hubungan Anda yang sekarang. Jika memang benar, penting bagi Anda untuk berdamai terlebih dahulu dengan masa lalu. Hubungan yang sehat tak bisa tumbuh tanpa kepercayaan, maka Anda perlu menyampaikan hal ini kepada pasangan agar tak terjadi kesalahpahaman. Jika memang terasa susah berbagi masalah ini ke pasangan, Anda juga dapat mengonsultasikan pada trapis atau psikolog yang terpercaya.

3. Diskusikan dengan Pasangan

Sebelum krisis kepercayaan ini menyebabkan efek samping lebih seperti kecemasan, alangkah baiknya jika Anda membicarakan hal ini ke pasangan. Memang tak mudah, Anda bisa mengawali dengan mengajak bicara pasangan secara baik-baik. Bahas semua ketakutan Anda dan yakinkan bahwa kekhawatiran Anda tersebut beralasan. Tanyakan pula pendapat pasangan dan pikirkan jalan keluar yang terbaik bagi Anda dan pasangan.

4. Memberi Kesempatan Kedua

Tak selalu berujung perpisahan, Anda bisa belajar mempercayai orang lain lagi dengan memberi kesempatan ke dua. Meski ini termasuk bagian tersulit, setidaknya mencoba untuk mempertahankan apa yang sudah Anda bangun dengannya. Tak hanya memberi kesempatan bagi pasangan, hal ini juga berarti memberi diri Anda kesempatan untuk percaya lagi pada pasangan. Anda tak akan tahu ujungnya jika tak mencobanya, maka tenangkan pikiran dan cobalah untuk memperbaikinya.

5. Pastikan Ada Perubahan yang Terjadi

Setelah melakukan empat hal di atas, pastikan ada perubahan yang terjadi sehingga Anda merasa lebih aman dan nyaman di sampingnya. Jika memang benar ada perubahan yang lebih baik, berarti selama ini krisis kepercayaan Anda hanya masalah kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi. Lain halnya jika ternyata tidak ada perubahan dalam hubungan, mungkin sudah saatnya Anda memikirkan kembali layak tidaknya ia diperjuangkan.