Beberapa Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Menurut Ahli Gizi Selebriti Hollywood

Beberapa Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Menurut Ahli Gizi Selebriti Hollywood

Informasi Terkini – Banyak orang yang mengira bahwa berat badan yang mudah turun atau naik ditentukan oleh genetik atau keturunan. Ada orang yang memiliki genetik mudah kurus, dan ada pula yang berat badannya mudah meningkat tajam. Namun, ahli gizi selebriti Hollywood, Haylie Pomroy, tidak sependapat dengan ungkapan tersebut. Menurutnya, setiap orang dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh mereka agar menggunakan makanan secara optimal sebagai bahan bakar aktivitas sehari-hari.

Filosofi inilah yang ia tanamkan pada klien-klien kelas atas yang menggunakan jasanya, seperti Jennifer Lopez dan Reese Witherspoon. Secara umum, Pomroy memiliki lima metode tersendiri untuk meningkatkan metabolisme bagi kesehatan tubuh, dan ia menyebutnya sebagai ‘golden rules’. Berikut adalah lima prinsip agar memiliki metabolisme yang cepat, sebagaimana dirinci dalam buku yang ditulis oleh Pomroy berjudul Metabolism Revolution.

1. Mengonsumsi Makanan yang Utuh, Bukan Olahan

Sebagai aturan umum, Pomroy menegaskan bahwa makanan yang harus dikonsumsi adalah sesuatu yang pernah hidup dan berasal dari tanah, udara, atau air. Dengan kata lain, isilah menu Anda sehari-hari dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging, telur, dan ikan, serta jauhi semua makanan olahan yang mengandung bahan kimia buatan seperti pemanis, pewarna, dan pengawet. Makanan olahan, termasuk makanan kalengan, dianggap sebagai sesuatu yang dapat mengganggu aktivitas metabolisme sehingga perlu Anda hilangkan dari asupan sehari-hari.

2. Berolahraga Secara Rutin

Menurut Pomroy, hal yang terpenting bukan hanya intensitas dari rutinitas olahraga Anda, tetapi juga jenis olahraga yang dilakukan. Ia menyarankan agar Anda mengombinasikan kardio dan latihan kekuatan setiap minggu, serta selalu mengonsumsi cemilan kecil sebelum berolahraga, misalnya sepotong buah. Jika Anda berolahraga dengan kondisi perut kosong, tubuh akan ‘terpaksa’ memecah otot untuk bahan bakar selama latihan. Kombinasi kardio dan latihan kekuatan secara efektif dapat meningkatkan pembakaran lemak di beberapa bagian tubuh, seperti paha dan lengan.

3. Makanlah 30 Menit Setelah Bangun Tidur

Bertentangan dengan prinsip-prinsip diet tertentu, seperti intermittent fasting, Pomroy berpendapat bahwa Anda harus selalu makan sarapan tepat setelah Anda bangun. Jika tidak makan tepat setelah bangun di pagi hari, Anda akan membiarkan tubuh bekerja tanpa bahan bakar. Selain itu, hal ini akan menyebabkan adrenalin menghasilkan hormon kortisol, hormon yang memberi tahu tubuh Anda untuk mulai menimbun lemak. Untuk itu, sebaiknya makan dalam porsi yang kecil dalam setengah jam pertama setelah bangun tidur, lalu makan sebanyak tiga kali dan mengonsumsi makanan ringan dua kali setiap harinya, yang setara dengan makan setiap tiga jam sekali. Penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu menjaga metabolisme tetap segar, serta membantu Anda untuk lebih efisien membakar makanan yang dimakan.

4. Ganti Makanan Anda Secara Berkala

Jika terbiasa mengonsumsi makanan yang itu-itu saja selama seminggu penuh, mungkin Anda harus segera meninggalkan kebiasaan ini. Menurut Pomroy, Anda harus membuat perencanaan makanan yang baik sehingga tidak mengonsumsi makanan yang sama tiap harinya. Ini tidak membuat Anda bosan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa apabila seseorang mengonsumsi banyak variasi makanan sehat, semakin rendah kemungkinan mereka untuk memiliki kelebihan lemak tubuh atau gejala sindrom metabolik.

5. Makan Makanan Favorit Anda

Jika mencoba mengikuti diet ketat yang penuh dengan makanan yang tidak disuka (misalnya makanan rebus-rebusan saja), Anda tidak akan pernah merasa puas dengan hasilnya. Ini tentu saja tidak efektif, karena sistem penginderaan makanan alami akan menjadi kacau. Menurut Pomroy, “Pleasure is powerful,” karena itu biarkan diri Anda menikmati makanan favorit yang dapat memicu hormon endorfin dan mengurangi hormon stres, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan metabolisme. Jadi, jangan khawatir ketika memakan sepotong pizza atau sepiring pasta favorit Anda, dan tetap fokuskan diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran untuk menyeimbangkannya.