Beberapa Cara Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Memelihara Kesehatan Mata

Beberapa Cara Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Memelihara Kesehatan Mata

Informasi Terkini – 1. Hindari Mengarahkan AC Mobil ke Wajah

Saat sedang panas-panasnya, rasanya enak sekali kalau mengarahkan AC mobil ke wajah. Apa Anda punya kebiasaan demikian? Sayangnya, kebiasaan ini berpengaruh buruk terhadap kesehatan mata Anda. Udara AC akan menyebabkan mata Anda kering. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, kondisi mata kering juga bisa menyebabkan kerusakan pada kornea mata, lho! Yuk, hindari kebiasaan ini dengan mengarahkan AC ke pintu mobil atau arah lainnya yang tidak langsung menyemprot ke wajah Anda.

2. Letakkan Monitor di Bawah Pandangan Mata

Aktivitas menuntut Anda untuk berhadapan dengan monitor setiap hari? Seperti yang kita tahu, menatap monitor dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Untuk memelihara kesehatan mata, Anda sebaiknya meletakkan monitor Anda di bawah pandangan mata. Dengan begitu, posisi mata akan setengah tertutup. Meskipun terdengar sederhana, hal ini bisa menjaga mata agar selalu berada pada kondisi basah, sehingga mencegah terjadinya dry eye syndrome.

3. Istirahatkan Mata Setiap 30 Menit

Saat melakukan kegiatan yang membutuhkan mata bekerja keras dan berpotensi membuat mata lelah, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata Anda. Caranya mudah, saat sedang membaca atau bekerja dengan monitor, set alarm setiap 30 menit sekali. Jika alarm berbunyi, hentikan aktivitas Anda sejenak untuk mengistirahatkan mata. Tatap benda yang berada di kejauhan selama 30 detik, lalu lanjutkan kembali aktivitas Anda hingga alarm berikutnya berbunyi.

4. Lakukan Senam Mata

Selain senam tubuh dan senam wajah, ada juga yang namanya senam mata. Sesuai dengan namanya, senam ini berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Ada beberapa varian senam mata yang bisa Anda lakukan, misalnya:

Tutup mata, tekan perlahan menggunakan jari selama dua detik, lalu ulangi gerakan ini banyak 5-10 kali.
Lakukan gerakan memutar pada mata, ulangi sebanyak 5 kali membentuk lingkaran ke arah kanan, dan lakukan hal yang sama dengan arah sebaliknya.
Sipitkan mata saat melihat objek yang berada di kejauhan selama 5 detik, kemudian membelalak selama 5 detik, ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

5. Lindungi Mata dengan Kacamata Hitam

Kacamata hitam merupakan salah satu aksesoris yang digunakan orang untuk tampil lebih bergaya. Namun, tahukah Anda bahwa kacamata hitam memiliki fungsi lebih dari itu? Katamata hitam berfungsi untuk melindungi mata kita dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu, aksesoris ini juga juga melindungi mata dari paparan angin yang menyebabkan mata kering.