Beberapa Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Ide Ditolak Atasan

Beberapa Hal Yang Harus Anda Lakukan Jika Ide Ditolak Atasan

Informasi Terkini – Penolakan sebuah ide adalah hal biasa dalam situasi kerja. Namun tak sedikit pekerja yang merasa down, saat ide yang sudah dibuat secar matang harus ditolak oleh atasan. Jika Anda salah satu orang yang rentan mengalami baper saat ide yang diutarakan tidak diterima atasan, sebaiknya hadapi hal ini dengan pandangan yang positif dan tidak membuat Anda ragu untuk mengutarakan pendapat dan ide. Dan berikut adalah cara-cara yang sebaiknya Anda lakukan saat ide ditolak oleh atasan.

1. Tanyakan apa yang menjadi kelemahan dari ide tersebut

Peolakan ide memang patut diterima dengan lapang dada, tetap jangan hanya menerima keputusan tersebut tanpa mengetahui alasannya. Bersikap aktif dan tanyakan apa kekurangan dari ide tersebut. Dengan mengetahui apa kekurangan yang dimiliki Anda juga bisa belajar dari hal tersebut, sekaligus kembali memperbaiki melalui gagasan baru di kemudian hari.

2. Cari tahu hal-hal kreatif seperti apa yang sesuai dengan keinginan atasan serta visi misi perusahaan

Bisa jadi sebenarnya ide Anda tidak buruk, hanya saja sulit direalisasikan karena tidak sesuai dengan DNA perusahaan. Kemungkinan malah ide tersebut tepat untuk perusahaan lain misalnya. Agar gagasan yang diberikan tepat sasaran ada baiknya untuk mencari ide yang memang bisa dimplementasikan dan sesuai dengan visi misi perusahaan.

3. Pelajari ide-ide yang sudah direalisasikan sebelumnya

Sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh mencari ide yang benar-benar orisinil, lihat saja gagasan apa yang sudah dilakukan perusahaan sebelumnya. Baru kemudian amati plus-minusnya, dari sini Anda bisa mengembangkan ide baru untuk pengembangan perusahaan.

4. Anda harus menjelaskan secara jelas visualisasi ide tersebut

Bisa jadi penolakan yang Anda terima bukan dalam arti yang sesungguhnya tetapi atasan butuh penjelasan lebih rinci mengenai ide tersebut. Apakah memang layak untuk dijalankan atau tidak. Di fase inilah Anda dituntut untuk menunjukkan pembuktian sekaligus mengukur kemampuan dalam menjelaskan sesuatu serta mempresentasikannya dengan baik.

5. Jangan malas mengajukan ide

Jangan karena ditolak Anda jadi malas mengajukan ide di kemudian hari. Tetap semangat menggali hal-hal kreatif untuk diceritakan pada tim dan atasan. Keaktifan bukan berarti semua yang Anda tawarkan diterima atasan kan, tentu semua gagasan yang diberikan tidak serta merta bisa langsung dieksekusi dan dijalankan. Penolakan sebenarnya jadi pembelajaran untuk Anda supaya lebih aktif menemukan ide baru yang sesuai sekaligus mengembangkan sikap besar hati.