Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lasik

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lasik

Informasi Terkini – Mulai dari faktor genetik, kebiasaan membaca di cahaya redup, beraktifitas di depan monitor terlalu lama dan terlalu dekat, hingga paparan sinar UV, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami miopia atau mata minus. Saat mata mengalami kondisi ini, artinya kemampuannya mata untuk melihat benda dalam jarak jauh berkurang. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa menghambat kegiatan sehari-hari penderitanya.

Ada berbagai cara untuk mengatasi mata minus, misalnya adalah dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak, hingga melakukan senam mata. Sayangnya, cara ini tergolong tidak permanen dan tidak bisa memberikan hasil yang signifikan. Nah, untuk hasil yang lebih instan dan lebih permanen, Anda bisa mencoba melakukan lasik. Prosedur yang dilakukan oleh dokter spesialis dengan menggunakan laser atau microkeratome ini kian digemari dari tahun ke tahun. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui lebih dulu sebelum mencobanya!

1. Ada prosedur yang perlu dijalani sebelum lasik

Menurut FDA (Food and Drug Administration), ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menjalani prosedur lasik. Salah satunya adalah menghentikan penggunaan lensa kontak. Alat bantu penglihatan ini dapat mengubah bentuk kornea mata hingga berminggu-minggu setelah penggunaannya, tergantung juga dari jenis lensa yang digunakan. Saat bentuk kornea tidak sesuai dengan bentuk aslinya, akan timbul risiko kesalahan pengukuran saat operasi. Maka itu, ganti alat bantu penglihatan Anda dengan kacamata, setidaknya dua minggu untuk soft contact lenses, tiga minggu untuk RGP lenses, dan empat minggu untuk hard lenses.

Nah, selain penggunaan lensa kontak yang perlu dihentikan, Anda juga perlu menghentikan penggunaan produk kosmetik seperti cream, lotion, makeup, dan parfum minimal satu hari sebelum prosedur lasik. Ini penting guna mencegah risiko infeksi saat dan setelah operasi berlangsung. Jangan lupa juga untuk membersihkan bulu mata dengan baik untuk mencegah adanya debu dan kotoran yang dapat masuk ke mata.

2. Belum pasti memberikan penglihatan yang sempurna

Meskipun dikenal sebagai salah satu prosedur yang dapat membuat seseorang lepas dari alat bantu penglihatan, sebenarnya lasik tidak menjamin Anda akan mendapatkan penglihatan normal atau penglihatan 20/20. Secara persentase, 99% dari pasien lasik bisa mencapai perbaikan penglihatan hingga 20/40, atau tingkat penglihatan yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan kendaraan bermotor tanpa menggunakan alat bantu penglihatan.

3. Proses cepat, tetapi perlu waktu untuk penyembuhan

Salah satu keunggulan dari lasik adalah waktu prosedur yang tergolong sangat cepat, bahkan seluruh proses pengerjaannya seharusnya tidak sampai 30 menit. Lasik juga tidak menimbulkan rasa sakit karena Anda akan diberikan tetes mata dengan kandungan anestesi, serta bebas jahitan karena prosedurnya menggunakan laser. Setelah melakukan lasik, Anda dapat langsung merasakan perubahan penglihatan dan kembali beraktivitas normal. Namun, Anda tetap membutuhkan waktu untuk masa penyembuhan selama 24 jam setelah operasi.

4. Tidak semua orang boleh melakukan lasik

Tidak semua orang dapat melakukan prosedur lasik. Menurut Foulkes Vision, ada beberapa faktor yang membuat seseorang sebaiknya menghindari lasik. Faktor-faktor tersebut adalah:

– Memiliki lapisan kornea yang terlalu tipis
– Bentuk kornea yang tidak sempurna
– Masalah penglihatan yang terlalu parah (lebih dari +6.00 untuk hyperopia, lebih dari -12.00 untuk myopia, dan lebih dari 6 untuk astigmatism)
– Mengalami dry eye syndrome
– Memiliki bekas luka pada kornea

5. Dapat menimbulkan efek samping

Ada beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan setelah melakukan prosedur lasik. Jangka waktunya pun beragam, mulai dari sesaat setelah prosedur lasik selesai hingga 6 bulan setelahnya. Sesaat setelah prosedur lasik Anda akan merasakan sensasi panas, gatal, rasa tidak nyaman, hingga rasa sakit yang tergolong ringan. Penglihatan Anda pun akan menjadi kabur dan buram, namun ingat untuk tidak menggosoknya, ya! Selain itu, mata Anda akan lebih sensitif terhadap matahari dan menjadi kering atau mudah berair. Untuk jangka panjangnya, mata Anda membutuhkan waktu selama 3-6 bulan agar penglihatan kembali stabil.