Beberapa Hal Yang Perlu Anda Praktikkan Agar Selalu Bahagia Di Tempat Kerja

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Praktikkan Agar Selalu Bahagia Di Tempat Kerja

Informasi Terkini – Jika menghitung waktu yang dihabiskan, tempat kerja bisa menjadi rumah kedua bagi setiap pegawainya. Karena cukup banyaknya waktu yang Anda habiskan di tempat ini pula, kantor perlu memberikan kebahagiaan, meski setiap hari Anda dihadapkan oleh setumpuk pekerjaan. Sayangnya tidak semua pekerja kantoran beruntung bisa mendapat tempat kerja yang nyaman dan memberi rasa bahagia. Ada kalanya situasi kantor kurang menyenangkan atau tidak menimbulkan rasa betah. Nah, jika saat ini Anda merasa sulit untuk menemukan kebahagiaan di tempat kerja, tak ada salahnya untuk mengikuti berbagai aturan berikut demi meraih kebahagiaan yang hakiki.

1. Jangan membandingkan kehidupan Anda dengan orang lain

Setiap posisi di tempat kerja memiliki tanggung jawabnya masing-masing, maka itu berhenti memandingkan pekerjaan Anda dengan rekan yang lain, atau merasa iri dengan mereka yang terlihat seolah minim beban pekerjaan. Terkadang ada beberapa orang yang bisa menutupi beban pekerjaan sehingga seolah terasa ringan. Semua hal ini kembali pada masing-masing pribadi dalam menghadapi tuntutan pekerjaan. Daripada sibuk membandingkan posisi Anda dengan yang lain, lebih baik fokus pada kemampuan diri dan perkembangan karier pribadi Anda.

2. Jangan pernah terobsesi dengan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan

Ada kalanya ketika Anda sudah berusaha keras tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Anda merasa kemampuan sudah melebihi rekan kerja tetapi malah rekan kerja yang mendapat apresiasi. Menghadapi hal-hal yang tidak bisa dikendalikan, ada baiknya Anda tidak membebankan pikiran karena hanya akan menguras energi dan menghambat performa kerja.

3. Jangan menghabiskan energi untuk membenci

Kebencian adalah parasit emosional yang menggerogoti energi dan kesehatan. Jika ada yang salah dengan dunia dan Anda bisa mengubahnya, ambil tindakan. Jika Anda tidak dapat mengambil tindakan, lebih baik Anda memaafkan dan melupakan. Memaksakan segala sesuatunya hanya akan menambah beban pikiran dan hidup saja.

4. Hindari bergosip, meski untuk alasan refreshing

Bisa jadi alasan ‘positif’ Anda terlibat obrolan gosip adalah cara untuk mengistirahatkan pikiran ataupun ‘mendekatkan’ diri dengan rekan kerja. Tapi, coba deh Anda amati, gosip adalah pergunjingan akan teman yang tidak ada saat sekumpulan teman yang lain sedang bersama. Bisa jadi, saat Anda tidak ada di tempat, giliran Anda yang jadi bahan diskusi. Lagipula, sikap bergunjing hanya akan membuat Anda membandingkan kekurangan diri sendiri dengan rekan-rekan yang lain. Tentu hal ini bisa menimbulkan sikap iri hati dan dapat menurunkan kreativitas Anda dalam bekerja.

5. Ingatlah situasi sulit tidak bersifat permanen

Tidak ada yang pasti di dunia ini demikian juga jika sesuatu yang buruk terjadi dengan Anda. Tetap berpikir positif dan mengambil hikmah untuk setiap kejadian buruk yang menimpa adalah cara bijak untuk menyikapi segala sesuatunya, termasuk situasi kantor.