Beberapa Jenis Makanan Dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Saat Ingin Naik Pesawat

Beberapa Jenis Makanan Dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Saat Ingin Naik Pesawat

Informasi Terkini – 1. Telur atau makanan mengandung protein lainnya

Mengonsumsi makanan mengandung protein sepertu telur dan daging sebelum penerbangan bukanlah ide yang baik karena hal ini akan membuat perut memproduksi gas hidrogen sulfida. Kondisi ini bisa memberikan sensasi tidak nyaman pada perut. Jenis makanan ini sebaiknya dihindari oleh Anda yang hendak melakukan penerbangan jarak jauh, karena umumnya proses pembentukan gas terjadi dalam rentan waktu 3-5 jam setelah makanan dikonsumsi.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik itu kacang almond, mede, biji rami, hazelnut, dan pistachio kaya akan serat yang dapat difermentasi, merupakan camilan sempurna untuk gas dalam usus. Sayangnya, pada waktu tertentu penambahan gas dapat menyusahkan usus. Pasalnya, gas dapat membuat usus mengembang, terutama ketika berada dalam tekanan udara yang berbeda dari biasanya, seperti di dalam pesawat ataupun di ketinggian. Hal inilah yang membuat kacang-kacangan menjadi jenis camilan yang tidak disarankan saat Anda melakukan perjalanan dengan pesawat.

3. Kentang goreng

Meskipun memiliki rasa lezat, camilan kentang goren memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi serta minim nutrisi. Walaupun termasuk camilan favorit selama penerbangan, nyatanya terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat membuat tubuh cepat merasa haus, sehingga minum air terlalu banyak dan menyebabkan sensasi kembung.

4. Minuman beralkohol

Alkohol dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Mengingat udara di dalam pesawat jauh lebih kering daripada udara di luar, dengan tingkat kelembapan sekitar 10 – 20 %, tentu mau tak mau membuat Anda perlu menjaga asupan air putih dengan baik. Jadi, meskipun keinginan untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan alkohol adalah hal yang sangat ingin dilakukan, sebaiknya tahan selera tersebut sampai Anda benar-benar mendarat dengan aman, ya.

5. Minuman bersoda

Segar sementara tapi akan memberikan sensasi tidak nyaman yang lebih lama. Itulah yang terjadi ketika Anda mengonsumsi minuman bersoda saat berada di dalam penerbangan. Sulit untuk menolak minuman bersoda yang menyegarkan di pesawat saat Anda merasa dahaga. Namun hati-hati, kenyataannya soda tidak akan membantu Anda. Minuman berkarbonasi dapat membuat perut memproduksi gas dan tidak nyaman. Dan karena Anda tidak banyak bergerak, gelembung gas di dalam perut mungkin hanya berdiam pada satu tempat hingga memberikan sensasi mulas dan kembung di perut.