Beberapa Kelebihan Menonton Film Di Bioskop Yang Mungkin Tak Disadari

Beberapa Kelebihan Menonton Film Di Bioskop Yang Mungkin Tak Disadari

Informasi Terkini – Di samping sebagai sarana hiburan, menonton film di bioskop ternyata juga memberikan dampak baik bagi kesehatan dan emosi seseorang. Menurut John W. Hesley, seorang psikolog dan juga penulis buku Rent Two Films and Let’s Talk in the Morning: Using Popular Movies in Psychotherapy, film merupakan salah satu biblioterapi, yaitu salah satu jenis terapi yang memanfaatkan literatur seperti buku atau karya sastra untuk membantu seseorang mengatasi masalah kesehatan mental yang dialaminya. Meski tidak untuk mengatasi masalah mental yang mendalam, tetapi film bisa memberikan efek relaksasi sekaligus membantu seseorang memecahkan masalahnya.

Selain itu, menurut Gary Solomon, penulis buku The Motion Picture Prescription and Reel Therapy, menonton di bioskop bisa menjadi salah satu bentuk terapi kejiwaan yang dapat membuat Anda semakin memahami diri sendiri dan mempelajari reaksi lingkungan atas situasi yang sama-sama dialami.

Maka tak heran, meski kini website yang menyajikan streaming film begitu marak, aktivitas menonton di bioskop tetap tak pernah ditinggalkan begitu saja. Karena menonton di bioskop tak hanya memberikan hiburan tontonan tapi juga 5 manfaat lainnya, seperti berbagai hal berikut ini.

1. Pengalaman menonton di luar rumah yang menyenangkan

Ternyata menonton di bioskop bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dibandingkan hanya menonton di rumah. Mulai dari layar yang lebih lebar, audio yang lebih menggelegar, serta interaksi dengan sesama penonton lain, di mana perpaduan semua hal ini akan membuat Anda lebih menikmati proses menonton.

2. Membangun rasa empati

Menonton di bioskop akan membangun rasa empati Anda, di mana interaksi yang terjadi secara tidak langsung dengan sesama penonton akan membantu Anda lebih memahami bagaimana reaksi seseorang akan suatu peristiwa. Apa yang menurut Anda menyedihkan ternyata biasa saja buat orang lain. Atau, peristiwa lucu buat orang ternyata bagi Anda justru tak punya makna sama sekali. Walaupun tanpa Anda sadari, ini akan membantu Anda memahami dan menerima perbedaan.

3. Sarana relaksasi paling ampuh

Ada banyak motivasi orang untuk datang ke bioskop dan ternyata menonton film tidak menjadi satu-satunya alasan. Menurut penelitian, ada beragam motivasi orang untuk menonton di bioskop mulai dari hanya ingin merasakan ‘keramaian’, kenyamanan sampai sekadar ingin istirahat saja di dalam bioskop. Macam-macam alasan ini menunjukkan kalau menonton di bioskop adalah sarana relaksasi paling ampuh, terlepas dari jenis tontonannya.

4. Merangsang kerja kognitif

Menonton di bioskop dengan segala fasilitas, interaksi dan pengalaman yang diperolehnya ternyata juga merangsang kerja kognitif otak lebih aktif. Imajinasi Anda justru lebih berkembang saat menonton di luar rumah alias bioskop. Selain itu menonton di bioskop membuat Anda harus terus menghadapi sajian yang ditawarkan, terlepas dari rasa suka atau tidak. Tentu saja hal ini berbeda dengan menonton di rumah yang membuat Anda bisa dengan mudah menjeda tayangan atau bahkan melewatkan adegan yang tak disukai. Dengan situasi ini, menonton di bioskop membuat Anda mendapat pengalaman yang lebih nyata dibandingkan saat menonton di rumah.

5. Cinema therapy untuk atasi depresi

Aktivitas menonton di bioskop ternyata tergolong pendekatan cinema therapy yang merupakan salah satu cara untuk mengobati orang yang mengalami gangguan depresi. Kombinasi gambar, dialog dan musik dapat menjadi alternatif untuk mengurangi depresi dan merangsang relaksasi. Sejenak melupakan masalah dan beban pikiran yang biasa berkecamuk di benak pengidap depresi.

Selain itu, dengan memilih film yang punya jalan kisah atau karakter serupa dengan Anda bisa menjadi cara tersendiri untuk menemukan motivasi diri sekaligus mempelajari berbagai karakter manusia.