Beberapa Manfaat ChiRunning Bagi Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Beberapa Manfaat ChiRunning Bagi Kesehatan Tubuh Dan Pikiran

Informasi Terkini – Dikenal sebagai jenis olaraga yang sederhana dan terjangkau, aktivitas lari juga dikenal dapat memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh. Selain kegiatan jogging, plogging dan jalan santai, aktivitas lari juga bisa dilakukan sambil menjaga pikiran tetap tenang dan rileks melalui kegiatan ChiRunning. Tak hanya dikenal bebas cedera, aktivitas olahraga ini juga diketahui banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran, lho. Apa saja? Yuk ketahui melalui penjelasan berikut ini.

1. Membuat Jantung Lebih Sehat

Aktivitas aerobik seperti berlari merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dikenal mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dengan melakukan olahraga lari yang benar, para pelari akan mampu menjaga detak jantung pada tingkat yang nyaman. Untuk Anda para pemula, The British Heart Foundation menyarankan untuk melakukan olahraga lari selama 10 menit sehari. Tak hanya sehat bagi tubuh kegiatan lari khususnya ChiRunning juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Studi terbaru Harvard menunjukkan jika aktivitas mindfulness disebut mampu memberikan efek yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan mental dan emosional seseorang. Jika dijabarkan, mindfulness sendiri merupakan aktivitas memusatkan perhatian dan menghayati apa yang Anda lakukan tanpa melakukan penilaian. Dalam hal ini, kegiatan mindfulness bisa membantu Anda untuk bisa sepenuhnya sadar saat melakukan kegiatan tertentu dan membuat pikiran jadi lebih tenang. Umumnya mereka yang tidak melakukan aktivitas secara mindfulness akan merasa lupa bahkan tidak sadar saat melakukan beberapa aktivitas yang biasa dilakukan setiap hari.

Aktivitas ChiRunning yang memadukan gerak tubuh dan pikiran yang tenang akan membantu pikiran jadi lebih terkontrol dan bisa membuat Anda lebih bisa menguasai diri saat melakukan sederet kegiatan. Tentunya dengan meningkatkan mindfulness dalam kegiatan sehari-hari Anda akan terbebas dari rasa stres yang turut meningkatkan kesehatan mental.

3. Merasakan Manfaat Lari Secara Maksimal

Tak hanya pelari pemula, Anda yang sudah sering melakukan aktivitas lari selama bertahun-tahun juga tetap bisa merasakan manfaat besar dari aktivitas ChiRunning. Selain pikiran yang tenang, dan memerhatikan gerakan saat berlari. ChiRunning juga menuntut Anda untuk melakukan teknik pernapasan dan posisi postur tubuh yang tepat. Berbagai syarat ini tentunya akan membuat kegiatan berlari memberi manfaat yang maksimal pada seluruh tubuh.

4. Menjaga Kualitas Tidur

Kegiatan ChiRunning yang tak hanya berlari tapi juga memusatkan pikiran dapat memberi efek positif bagi kualitas tidur Anda di malam hari. Berbeda dengan aktivitas fisik yang membuat tubuh menjadi lelah, lari dengan pikiran terfokus dapat menenangkan sistem saraf tubuh. Selain itu hal ini juga turut berpengaruh pada ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang berulang selama 24 jam. Dengan terjaganya ritme sirkadian tubuh otomatis Anda pun bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan bangun dalam kondisi segar.

5. Bantu Menjaga Metabolisme Tubuh

Sesuai dengan konsep chiRunning yang tak sekadar olahraga fisik tapi juga menuntut para pelari untuk tetap menjaga konsentrasi dan memerhatikan gerakan lari, aktivitas ini tidak hanya mencegah Anda dari ancaman cedera tapi juga membantu sistem metabolisme tubuh bekerja lebih baik. Dengan metabolisme yang terjaga, otomatis Anda akan lebih mudah dalam mempertahankan berat tubuh tetap ideal.