Beberapa Masalah Kulit Yang Dapat Terjadi Jika Kekurangan Tidur

Karena sejatinya memang tidur yang ideal adalah selama 7-8 jam. Namun, karena pekerjaan yang menumpuk dan disertai pekerjaan rumah yang banyak juga, menyebabkan kita sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, kurangnya waktu tidur akan menyebabkan beberapa masalah kulit. Apa saja ya kira-kira masalah yang akan terjadi pada kulit jika kurang tidur?

1. Penuaan Dini

Tentunya, beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui bahwa ternyata pola tidur, kurangnya tidur, dapat menyebabkan penuaan dini. Kenapa bisa begitu? Karena efek pola tidur dengan penuaan dini masih berhubungan dengan meningkatnya kadar kortisol pada tubuh. Yang akan terjadi adalah, apabila kadar tinggi, hormone dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Akibatnya kulit akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan. Misalnya menjadi munculnya keriput, mulai kendur, dan lain sebagainya.

2. Kulit menjadi kusam

Tak hanya menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Kurang tidur sama artinya dengan kurang istirahat artinya juga akan menyebabkan aliran darah dan oksigen pada tubuh menjadi tidak lancar. Hal itu yang menyebabkan kulit akan terlihat menjadi lebih kusam.

3. Dark Circle

Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa kekurangan tidur tentunya akan menyebabkan beberapa orang mulai mengkhawatirkan timbulnya dark circle. Tak hanya dark circle, kantung mata Anda juga akan tampak semakin terlihat jelas. Karena hal ini, Anda bisa mengatasinya den
gan tidur yang cukup, serta Anda bisa mengompres mata menggunakan es batu.

4. Kulit menjadi kering

Tak hanya menyebabkan kulit menajdi kusam, kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit akan mudah mengalami kekeringan dan dehidrasi karena kekurangan tidur, istirahat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya Anda menggunakan pelembap yang mampu menghidrasi kulit dengan baik. Tak lupa menggunakan sunscreen juga agar kulit selalu terlindungi.

5. Breakout

Akibat terakhir yang sudah sangat sering menjadi masalah utama wanita. Yakni breakout. Tak disadari apabila Anda tidur terlalu larut, kulit wajah Anda memproduksi lebih banyak sebum daripada saat Anda tidur di jam normal. Produksi minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori serta dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Nah, untuk mengatasi beberpa permasalahan diatas adalah Anda harus mencukupi kebutuhan untuk tidur, istirahat yang cukup selama 8 jam setiap harinya.