Beberapa Mitos Seputar Kepribadian Intovert Yang Membuat Orang Salah Sangka

Beberapa Mitos Seputar Kepribadian Intovert Yang Membuat Orang Salah Sangka

Informasi Terkini – Saat bertemu dengan seseorang yang memiliki kepribadian introvert, biasanya hal apa sih yang terbesit di benak Anda? Kebanyakan orang yang tidak tahu, kemungkinan akan beranggapan kalau seorang introvert memiliki sifat-sifat yang cenderung dingin dan bertolak belakang dengan seorang extrovert. Padahal, satu-satunya hal yang membedakan dua kepribadian ini hanyalah cara dalah masing-masing kepribadian untuk mengumpulkan energi dan motivasi, lho!

Ada banyak mitos yang beredar seputar kepribadian introvert dan entah mengapa, mitos-mitos ini membuat banyak orang mengira introvert sebagai sosok yang dingin dan menyebalkan. Supaya tidak terus menggeneralisasi,ketahui dulu yuk mitor-mitos seputar kepribadian introvert yang ternyata keliru!

1. Introvert Tidak Suka Ngobrol

Salah satu mitos yang paling banyak dipercaya adalah bahwa introvert tidak suka ngobrol. Sebenarnya, introvert lebih memilih untuk diam karena mereka kurang menikmati obrolan basa-basi. Mereka akan berbicara bila memang ada hal yang ingin diutarakan. Apalagi jika topik yang dibahas merupakan topik kegemarannya, bisa-bisa ia akan terus mengobrol tanpa henti!

2. Introvert adalah Seorang Pemalu

Sifat pemalu tidak ada hubungannya dengan kepribadian seseorang introvert. Seorang pemalu menghindari interaksi sosial karena takut, sedangkan introvert menghindari interaksi sosial karena terasa melelahkan. Selain itu, seorang introvert juga lebih memilih untuk memproses omongannya terlebih dahulu sebelum mengutarakannya. Inilah yang menyebabkan introvert terlihat seperti tertahan saat hendak mengutarakan pendapat.

3. Introvert Tidak Suka dengan Orang Lain

Karena lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri, banyak orang menyangka kalau introvert tidak suka dengan keberadaan orang lain. Padahal tidak benar, lho! Untuk urusan berinteraksi dengan orang lain, introvert lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Berkumpul dalam kelompok kecil akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan berkumpul dalam kelompok diskusi yang besar.

4. Introvert Memiliki Kemampuan Bersosialisasi yang Buruk

Kerap terlihat nyaman dengan dirinya sendiri, membuat seseorang dengan kepribadian introvert dinilai memiliki kemampuan bersosialisasi yang buruk. Lagi-lagi, hal ini hanyalah mitos yang sebaiknya Anda berhenti percaya. Seorang introvert bisa memiliki kemampuan bersosialiasi yang sama baiknya dengan para extrovert. Bahkan, tak jarang juga ada introvert yang disangka memiliki kepribadian extrovert, lho! Coba ingat lagi, mungkin Anda pernah menemui salah satunya!

5. Introvert Selalu Ingin Sendirian

Memang benar bahwa introvert sering menghabiskan waktu sendirian. Kegiatan ini dilakukan seorang introvert untuk mengisi kembali energinya setelah bersosialisasi. Namun, ini bukan berarti para introvert selalu ingin sendirian. Umumnya, seorang introvert memiliki 1-2 orang teman dekat yang sering diajak untuk menghabiskan waktu bersama.